Salin rupa

Sebuah baju, ketika sobek pada suatu bagian maka nasibnya akan berubah. Kemungkinan paling besar adalah menjadi lap buat membersihkan yang kotor-kotor. Cuma kok rasanya sayang ya. Apalagi sobeknya tidak besar dan dibagian atas saja. Bagian bawahnya masih bagus. Warnanya juga belum pudar.

IMG01814-20150321-1152

Ditambal bagian yang robek pun lucu. Pasti jadi aneh ketika dipakai. Biar pun bajunya penuh motif. Kayaknya bakal tambah susah cari bahan penambalnya. Tenang, masih ada jalan lain untuk memanfaatkannya atau merubah nasibnya. Paling tidak, nasibnya tidak berakhir dibagian bersih-bersih.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah berkhayal. Mereka-reka akan seperti apa bentuk baju ini nantinya. Kalau agak mentok, boleh kok buka-buka majalah atau lihat google, cari inspirasi. Nah saya sudah menemukan mau jadi apa si baju ini. Rencana akan dirubah menjadi rok untuk si bungsu. Kebetulan dia lagi suka pakai rok dan persediaan roknya sangat minim, alias cuma satu.

Otak-atik dulu supaya dapat gambaran nanti bentuk dan rupanya. Saya mau roknya berkesan anak-anak. Untungnya motif si baju cukup ramai dan agak batik-batik gitu, menurut saya ya hehehehe. Cari bahan pelengkapnya berupa kain putih. Tidak pakai renda karena untuk rok lainnya, yang juga berasal dari baju saya, sudah memakai renda. Cukup bahan polos dengan warna mencolok, pilihannya kain putih.

Mulai gunting si kain putih seukuran panjang pinggang. Lalu jahit mengelilingi bagian pinggang. Agak lebar ya, tiga sampai empat sentimeter karena nanti akan dimasukkan ban karet ukuran kecil. Jangan lupa beri sela buat masukkin ban karetnya. Tambahkan juga lubang kancing dibagian depan supaya tidak terbuka. Kancingnya, ambil saja dari kancing bagian atas yang tidak terpakai lagi. Oh ya, kancing-kancingnya bisa dikumpulkan, siapa tau nanti akan dibutuhkan.

IMG01958-20150501-0917

Kalau semua sudah rapih, masukkan ban karetnya alias tali elastis. Jahit ke dua ujungnya supaya tidak lepas. Lakukan sampai semua tali elastis selesai. Pasang kancing dan buat lubang kancing. Wuaalaaa, rok buat si kecil pun selesai dan siap dipakai.


Comments