Maaf, absen menggoreng

Gorengan? Kriuk-kriuk, garing, renyah. Mau dong. Apalagi puasa gini, buka puasa sama gorengan rasanya endes deh.

Setiap sore selalu ada gorengan yang disajikan, mau tahu goreng, bakwan, oncom goreng, sampai pisang goreng. Tinggal ganti-ganti aja modelnya atau bahannya.

20180603_170655.jpg

Tetiba, kok pingin sesuatu yang nggak berminyak ya? Cek bahan baku dulu. Ada pisang uli rupanya. Eh, daunnya juga ada, tapi sedikit. Terigu sudah pasti ada dong. Boleh dibilang bahan wajib di dapur.

Selanjutnya buka resep, aslinya nyari resep. Ketemulah nagasari sama dorayaki. Kebetulan punya cetakan kue carabikang peninggalan ibunda tercinta. Jadilah kombinasi sempurna.

Si pisang dipertemukan dengan tepung beras, gula, garam, dan santan. Plus daun pandan dari pot tetangga. Bersatulah semuanya hingga solid dan kompak. Mereka menyatukan rasa dalam panci kukusan. Hingga lahirlah rasa yang menggugah selera.

Lanjut sama dorayaki yang dibuat dari tepung terigu plus telur sama gula pasir. Ada kenekatan di sini gegara tidak menemukan baking soda. Hasil pencarian hanyalah baking powder. Pakai saja. Lihat hasilnya kayak apa. Ayo, mari mengkolaborasilan diri dimangkuk pengaduk

Istirahat sejenak , menunggu cetakan kuningan panas. Baru dituang satu per satu dan dibiarkan mengembangkan dirinya sendiri. Tara....jadi. Dorayaki ala ala.

Hasilnya lumayan mendapat sambutan meriah. Dagangan pun laku. Menyenangkan sesekali keluar dari kebiasaan.

 

 

Comments