Melihat Acara Mandi Sungai Riam di Cemapaka

Review: Vitalis Body Wash Hijau dan Body Positivity





Mandi merupakan salah satu cara merawat tubuh. Memakai Body Wash Vitalis hijau ternyata dapat meningkatkan Body Positivity saya.

Body Positivity itu penting

Semenjak pemerintah mengeluarkan himbauan untuk berdiam di rumah, saya dan keluarga sepakat mengurangi aktivitas di luar rumah. Kesempatan ini saya manfaatkan untuk membaca, tentunya setelah urusan memasak dan membersihkan rumah beres.

Salah satu artikel yang menarik perhatian saya adalah soal body positivity. Artikel itu seperti mengingatkan saya untuk menerima tubuh apa adanya. Oalah, rasanya makjleb banget. Selama ini ternyata saya memendam sikap negatif terhadap diri sendiri. Bagaimana tidak, jujur saya merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuh saat ini. Maunya bentuk tubuh kayak dulu, kurus dan langsing. Tapi itu dulu ketika belum memiliki anak.





Tiga varian Vitalis Body Wash nan menggoda (foto: koleksi pribadi)

Akibatnya, gara-gara hal sepele bisa membuat saya uring-uringan. Ini tentu saja nggak sehat ya. Kalau dibiarkan berlarut-larut, bisa-bisa membahayakan jiwa saya. Keluarga juga akan terkena imbasnya. Tentu saja saya tidak mau hal itu terjadi. Harus mulai merubah diri dengan :

1. Menerima setiap jengkal tubuh untuk merubah mindset agar tetap semangat menjaganya.

2. Cari tahu apa cara terbaik untuk menjaga kesehatan diri. Lakukan dengan tulus untuk mendapatkan manfaat maksimal.

3. Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain. Boleh-boleh saja merasa terinspirasi, tetapi jangan sampai memaksakan diri ya.

4. Rawatlah diri dengan baik.

Dari keempat langkah di atas, saya memutuskan untuk memulai dari yang termudah yaitu merawat diri dengan mandi. Kebetulan ketika berbelanja keperluan rumah, saya membeli tiga varian Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash. Masing-masing memiliki keharuman berbeda nan menggoda.


Vitalis hijau yang menyegarkan

Tanpa berlama-lama saya langsung masuk ke kamar mandi. Anak-anak sudah kenyang dan lagi asyik main sama ayahnya. Saatnya memanjakan diri bersama Vitalis Body Wash guys. Dari ketiga varian, si hijau terlihat begitu menggoda. Warnanya segar dan harumnya beda banget. Serasa berada di alam. So fresh.





Vitalis dengan wangi segar alami (foto: koleksi pribadi)

Ternyata benar dugaan saya, begitu cairan sabun mengenai puff, aromanya langsung memenuhi ruangan. Segar banget. Benar-benar membuat saya mandi parfum. Ketika busanya menyentuh kulit, saya seperti sedang berlari di alam bebas. Serupa anak kecil yang asyik bermain di ladang bunga.

Meski tangan berlumuran busa, saya tetap bisa memegang botol sabun dengan mudah. Bentuknya yang pipih dengan bagian bawah lebih lebar dibanding bagian atas, membuatnya mudah digenggam. Saya bisa menuangkan Vitalis Body Wash, lagi dan lagi, dengan mudah.




Sayangnya, suara ketukan di pintu kamar mandi membuat saya harus meninggalkan alam bebas. Wow, saya benar-benar terbius sampai-sampai tidak sadar kalau mandinya jadi lama banget. Sambil membersihkan sisa sabun, saya kembali dikejutkan oleh rasa lembab pada kulit. Wah, saya tidak perlu lagi menggunakan pelembab untuk menjaga kulit dari kekeringan. Yang menyenangkan lagi, body positivity saya meningkat.

Kemasan Vitalis Body Wash

Sudah bersih dan wangi. Kini saatnya mengulas Vitalis Body Wash. Mulai dari kemasan yang bisa didaur ulang. Menurut saya, ukuran dan bentuk botolnya pas banget dengan ukuran tangan sehingga mudah dan enak digenggam.

Tampilan sticker glossy pada bagian depan membuat kemasan terlihat semakin mewah. Sementara sticker bagian belakangnya bening, dengan demikian pemakai bisa membaca petunjuk pemakaian, komposisi bahan, dan keterangan lainnya dengan mudah.





Kandungan Vitalis Body Wash (foto: koleksi pribadi)

Lalu bagaimana dengan tutupnya? Warna emas tentu saja cocok dipadukan dengan warna apa saja. Kilau warnanya sudah pasti menguatkan kesan mewah pada warna lainnya. Meski demikian faktor kenyamanan tetap diperhatikan. cukup menekan tepi tutup botol maka sebuah lubang akan tampak. Tinggal tuang deh ke atas puff. Pemakai tidak perlu menekan atau membuka tutupnya. Praktis ya.





Tutup yang mudah dibuka (foto: koleksi pribadi)


Rahasia Vitalis Body Wash

Selanjutnya mari menguak rahasia Vitalis Body Wash. Setelah diamati, ketiga sabun memiliki bahan utama yang sama, yaitu sodium laureth sulfate yang berfungsi mengangkat dan membersihkan kotoran serta minyak pada kulit. Lalu ada kandungan lauric acid yang mampu membasmi bakteri dan kuman pada permukaan kulit. Ada juga myristic acid untuk mengangkat dan membersihkan kotoran. Kombinasinya ketiganya sukses membersihkan kulit dari kotoran dan debu.





Kombinasi SLS, lauric acid, dan myristic acid (foto: koleksi pribadi)

Godaan si Hijau, Pink, dan Ungu

Lalu perbedaannya ketiganya apa dong? Jawabannya ada pada parfum dan kandungan lainnya. Karena saya sudah jatuh cinta pada Vitalis hijau alias Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle, maka dia yang pertama yang saya cari tahu.




Sumber wewangian Vitalis hijau rupanya berasal dari keharuman bunga dan pepohonan. Paduan bunga Bergamot, Floral Bouquet, dan Musk Amber mampu menghadirkan aroma nan elegan sekaligus feminin. Aroma pepohonan berasal dari ekstrak buah Yuzu Orange dan Green Tea yang baik untuk kulit karena mengandung anti oksidan. Paduan keduanya membuat saya merasa tengah menikmati kesegaran alam. Kulit rasanya segar, halus, dan lembut. Cocok sekali dengan namanya yaitu Vitalis Fresh Dazzle yang memberi manfaat skin refreshing.






Keharuman yang berasal dari buah-buahan dan bunga (foto: koleksi pribadi)


Lain halnya dengan Vitalis pink, sumber utama keharumannya berasal dari buah cherry dan raspberry serta wangi manis marshmallow serta bunga gardenia. Sentuhan wewangian dari woody dan suede semakin memperkaya keharuman nan mewah vitalis pink atau Vitalis Perfumed Moisturizing body wash White Glow.


Masih belum cukup. Untuk melengkapi keharuman Vitalis pink, ditambahkan licorice dan susu agar kulit bersih dan cemerlang. Tidak heran kalau si pink membuat kulit terlihat lebih cerah alias skin brightening.






Keharuman yang berasal dari bunga dan tumbuhan (foto: koleksi pribadi)


Selanjutnya adalah Vitalis Ungu atau Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty yang memberi manfaat skin nourishing. Dibanding ketiganya, kemasan berwarna ungu membuatnya terlihat sangat glamor. Ketika dibuka, saya langsung mencium wangi yang berasal dari bunga mawar dan violet, tonka bean dan sandalwood.


Untuk memperkaya kandungan Vitalis Body Wash Soft Beauty ditambahkan vitamin E dan ekstrak buah alpukat. Kombinasi keduanya dapat memperbaiki kesehatan kulit dan menjaga kulit tetap kenyal, sehingga kulit tampak lebih muda.






Mandi parfum yang sesungguhnya (foto: koleksi pribadi)


Melihat saya asyik dengan ketiga Vitalis Body Wash, membuat putri saya penasaran dan ikutan mencoba. Ternyata selera kami sama, suka dengan si hijau yang menyegarkan. Kalau teman-teman suka varian Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash yang mana?


Yuk dapatkan vitalismu di minimarket terdekat atau beli lewat daring juga bisa. Nggak perlu kuatir soal harga karena sangat terjangkau dan ramah dikantong.





Komentar

  1. Sama mbak..aku juga suka varian warna hijau. Karena bisa bikin mood bagus sepulang kerja..dan wanginya itu loh tahan lama . Mantab 👍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kita masuk geng hijau ya mbak. Kepincut sama wanginya.

      Hapus
  2. Kalau untuk mood yang oke seharian, yang hijua emang oke banget ya, kak.
    Kalau untuk meremajakan kulit, si Ungu. Kalau untuk mencerahkan tinggal pilih si Pink. Vitalis body wash memahami yg dimaui wanita banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget mbak. Sabun vitalis benar-benar tau apa yang sesuai buat kita.

      Hapus
  3. sama kita aku sukanya fresh dazzle juga, habis pulang kerja mandi trus tidurnya nyenaykan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yey ada lagi yang termasuk dalam geng hijau. Wanginya itu seger banget sih.

      Hapus
  4. Wah sama kak ku juga pakai Vitalis Perfumed Mouisturizing Body Wash ini wangi parfumnya premium banget ya ..fave aku yg warna pink dan green nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya sekali nyium keharuman sabun vitalis pasti nggak akan pindah ke sabun lain
      Betulkan mbak.

      Hapus
  5. Saya pernah baca buku Imperfect karya Meira Anastasia. Body positivity itu penting banget. I'm not perfect harus kita ubah menjadi I'm perfect yaaa mba. Hehehe. Salah satu cara membangkitkan rasa percaya diri itu adalah tubuh yang wangi yang bisa kita peroleh dari mandi berkualitas dengan sabun berkualitas, seperti Vitalis ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Setuju mbak. Kalau kita sudah percaya diri pasti auranya akan kelihatan.

      Hapus
  6. Vitalis body wash emang menggoda aromanya. Wanginya yang khas bikin pagi kita makin bersemangat mengawali aktivitas. Dan aku suka semua varian Vitalis...harumnya bikin tubuh segar dan relax serasa mandi parfum sepanjang hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sama keharuman sabun vitalis yang bikin mood naik. Jadi semangat sepanjang hari.

      Hapus
  7. Boleh juga produknya mbak. Sudah harumnya keren, murce lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak sri. Cocok sama keinginan para emak.

      Hapus
  8. saya pun sudah coba mandi pakai vitalis, memang bener-bener wangi sih. Berasa mandi pake parfum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyikkan mbak mandi pakai vitalis. Ibaratnya beli 1 gratis banyak

      Hapus
  9. Sejak stay at home mandi parfum mulu ni biar makin wangi dan fresg tiap hari, apa lagi variannya banyak, tinggal pilih wangi kesukaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin semangat bertambah ya mbak buat menghadapi keriuhan rumah.

      Hapus
  10. Aku suka banget nie sama wanginya vitalis perfumed moisturizing body wash ,wanginya awet sepanjang hari ya ,dan buat seger ,lembut di kulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...setuju mbak. Pas banget sama sikon sekarang yang nggak bisa mandi lama-lama.

      Hapus
  11. Aq sekali nyobain vitalis , sekarang udah langsung masuk daftar list bulananku

    BalasHapus
  12. Saya juga paling suka sama Vitalis body wash varian fresh dazzle. Memang bener-bener seger baunya.

    BalasHapus
  13. Wiwin | pratiwanggini.net28 Maret 2020 pukul 13.46

    Saya suka yang warna ungu terutama kalo mandi sore, sedangkan kalo mandi pagi saya pake yang warna hijau :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga dicoba nih mbak. Jadi hijau buat penambah semangat, ungu supaya lebih santai ya.

      Hapus
  14. vitalis perfumed moisturizing body wash, wanginya gak cuma enak buat mandi, tapi juga buat cuci tangan. harum terusss ^-^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah anak-anak bakalan cuci tangan terus. Emak nggak perlu teriak buat ingetin. Mantul banget idenya.

      Hapus
  15. Yt hijau wanginya emang seger banget ya Mbaa. . enak jg buat me time sejenaknya buibu

    BalasHapus
  16. Pake sabun vitalis, udah wangi ala parfum mahal. Tahan lama jugaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak. Nggak sempat pakai parfum juga tak apa. Sudah harum.

      Hapus
  17. Saya suka yg Fresh Dazzle sensasinya kayak mandi parfum yang menyegarkan tubuh

    BalasHapus
  18. Kalau saya sukanya yang White glow karena selain wangi juga bisa bikin kulit saya jadi makin kinclong hehehe 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh pastinya karena vitalis kan tahu keinginan perempuan.

      Hapus
  19. Kedua putri saya juga sudah mulai coba Vitalis Perfumed Body Wash ini Bun.. dan alhasil mereka juga sukaaaa banget.. jadi harus mulai stock nih..😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow...jadi harum semerbak. Buruan stok ulang mbak biar makin fresh

      Hapus
  20. Benar mba, saya juga suka dengan sabun vitalis ini. Wanginya kalem bikin relaks. Sehari-hari juga wanginya nempel banget. Betah mandi lama-lama dengan Vitalis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha saya kalau nggak digedor masih asyik mandi mbak. Busa wanginya itu memikat banget

      Hapus
  21. Hehehe gara-gara mandi pake vitalis jadi sampe lupa waktu ya mba saking menikmati banget aroma wanginya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak. Abis harumnya itu lho yang bikin lupa waktu.

      Hapus
  22. Saya suka aroma White Glow Mbak. Kemasannya manis, harumnya manis, manfaatnya pun bikin kulit jadi manis karena mengandung bahan pencerah licorice dan susu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup paduan licorice sama susu emang top mbak. Kulit jadi halus.

      Hapus
  23. Saya suka Vitalis White Glow mbak. Kemasannya manis, aromanya manis, manfaatnya juga manis karena mengandung bahan alami mencerahkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Vitalis memang benar-benar.memahami perempuan.

      Hapus
  24. Favorit aku juga yang hijau mba, seger banget. Di kulit berasa, wangi, dan seger pas dicium. Kalau mandi pakai sabun yang enak kaya Vitalis, jadi betah banget mandi lama-lama yaa

    BalasHapus
  25. Yang ijo seger banget, Mbak. Rasanya itu adem aja.

    Tapi yang ungu tu soft. Jadi menenangkan juga.

    Yuni suka... Yuni suka...
    Hehehe

    BalasHapus
  26. aku tuh suka banget sama aroma fresh dazzle... harum kesegarannya bikin tubuh percaya diri!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Pokoknya bisa meningkatkan semangat ya mbak.

      Hapus
  27. Boleh tuh mbak tipsnya. Selama ini saya juga nggak pede dengan bentuk tubuh, kalau saya karena terlalu kurus. Apalagi setelah melahirkan bb malah turun drastis. Mungkin karena stress ngurus anak. Apapun itu, badan pemberian tuhan ini tetep harus dirawat ya. Saya juga suka mandi pakai vitalis. Yang ijo emang paling seger

    BalasHapus
  28. Tfs infonya ya mba... Nice share... Aku juga udah coba vitalis body wash ini. Emang wanginya enak...

    BalasHapus
  29. .

    Aku juga pakai sabun vitalis ini, paling suka yang duzzle. Aroma teh hijaunya bikin fresh dan gak bad mood ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, sepertinya duzzle banyak yang suka ya mbak Ike, harum teh hijau memang segar dan bikin fresh.

      Hapus
  30. yap bener banget ini mba, harganya gak mahal dan masuk budget bulanan nih, saya malah udah abis dan mau beli isi ulangnya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya mbak karena ada kemasan isi ulang jadi lebih ekonomis.

      Hapus
  31. Fresh Dazzle terfavorit, serumah pake smua

    BalasHapus
    Balasan
    1. anggota geng hijau semakin banyak. mantap banget sih wanginya bikin segar.

      Hapus
  32. Vitalis Body Wash ini wanginya emang enak banget ya mbak. AKu juga paling suka yang Fresh Dazzle, seger banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya senang banget karena ternyata yang suka sabun vitalis hijau banyak. berarti saya banyak temannya.

      Hapus
  33. baru tau saya ttg body positivity ini. wangi harum vitalis body wash membuat pikiran kita positif ya mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga tahu tentang body positivity setelah baca mbak. Ternyata cara paling mudah ngatasinya ya mandi.

      Hapus
  34. Mandi pake Vitalis emang seger wanginya semerbak ya, ku suka yang Fresh Dazzle nih Yuzu Orangenya emang bikin fresh banget, toss lah sama dong kita suka si hijau

    BalasHapus
  35. Mbak Utari, apa kabar? Seneng lihat senyumnya.
    Hari ini sudah mandi parfum berapa kali nih?
    Samaan kita, sama-sama suka yang Fresh Dazzle. Si Hijau ini kayaknya punya banyak penggemar, ya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haiii mbak Rahayu..peluk..peluk. .peluknya makin erat karena sama-sama fans si vitalis hijau

      Hapus
  36. Suami ku paling suka yang vitalis body wash fresh dazzle, katanya wangi nya seger banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup keharuman si hijau bisa buat lelaki. Segarnya natural.

      Hapus
  37. Saking enaknya wangi parfum dari sabun vitalis ini jadi bisa positif tubuh dan pikiran ya mak...

    BalasHapus
  38. Aku dong, udah nyobain ketiga varian Vitalis Body Wash :) Anak2 dan suami juga suka. TRus mandinya makin lama. Katanya, abis wanginya tahan lama berasa pakai parfum sungguhan hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik....semua jadi segar dan wangi ya mbak. Jadi nyaman di rumahnya.

      Hapus
  39. Setuju ngga mon kalau abis mandi aroma seger tuh otak juga jadi lebih fresh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget dong mbak. Kalau harum segar gini kita jadi fresh.

      Hapus
  40. Vitalis emang gak main-main dalam keluarin produk body wash yaa… Mandi dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash buat kita beneran kayak mandi parfum. Kalo saya paling suka yang White Glow. Unch banget aromanya…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak. Vitalis betul-betul memperhatikan kebutuhan pemakainya.

      Hapus
  41. Emang ya di tengah2 keadaan yang sekarang, menjaga positifitas itu wajib banget. Salah2 malah kita kenapa2. Mandi pun makin lebih nenagin dengan adanya Vitalis Parfume Moisturizing Body Wash ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak lama-lama jenuh dan bikin stress juga. Biar nggak bete mandi dong pakai vitalis.

      Hapus
  42. Emang klo pake Vitalis Parfume Moisturizing Body Wash makin berasa positif lagi ya kak ditengah keadaan yg sekarang ini dirasain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keharuman dari parfumnya yang bisa meningkatkan semangat mbak. Makanya asyik banget mandi pakai vitalis.

      Hapus
  43. Body positivity itu memang penting loh.. Kalau kita aja gak bisa menerima diri kita apa adanya, gmn orang lain bisa menerima kita apa adanya juga? Tetap semangat ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak. Harus diawali dari diri kita sendiri.

      Hapus
  44. iya betul body Positivity itu mengubah mindset supaya lebih menerima dan ga merasa gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup selalu ada nilai positif yang didapat kalau bisa merubah mindset ya kan mbak

      Hapus
  45. Mandi dengan seperti itu memang berpengaruh banget sama kesehatan mental.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kita senang dan gembira jadi aura positifnya nyebar ke orang lain ya mbak

      Hapus
  46. Aku suka semuanya wanginya enak banget apalagi yang warnanya pink white glow enak tahan lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua sabun vitalis pasti enak. Sudah harum dan bikin kulit lembut.

      Hapus
  47. Aku suka banget pakai sabun cair Vitalis ini dan suka banget deh sama wangi varian yang hijau.. Wanginya nyegerin banget.. Bikin mandi berkualitas deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik geng hijau nambah lagi. Senang ya mbak pakai vitalis hijau

      Hapus
  48. Vitalis selain wangi, bikin kulit mulus banget mbak. Aku team vitalis hijau nihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai....hai...kita satu tim ya. Hijau itu memang menyegarkan ya cucok sama warnanya.

      Hapus
  49. Rosni Ardiawinati6 April 2020 pukul 22.10

    Berasa mandi parfume ya mandi dengan body wash dari vitalis, selesai mandi selain segar, badan jadi wangi, dan enak banget wanginya, aku suka yang pink, alhamdulillah sudah cobain mandi dengan produknya ini. Tulisannya bagus Mba, sukses terus menulisnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak, efek habis mandi pakai vitalis jadi semangat.

      Hapus
  50. salam kenal kak kayaknya beru sekali ini aku mampi ke blog kakak ni,,

    btw aku pakai vitalis yang ungu kak,,

    aku suka sih sensasi aroma waangi parfumnya vitalis, dan lagi bikin kulis halus juga loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali. Terima kasih sudah mampir mbak semoga nanti sering main ke sini.

      Hapus
  51. Aku suka mba Vitalis yang hijau. Wanginya memang merepresentasikan diri aku. Hehehe. Bagus ya formula Vitlis ini banyak yang kasih pilihan variant sesuai dengan kepribadian. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak mungkin karena vitalis sudah pengalaman banget di dunia parfum dan tahu benar apa yang dimaui perempuan. Makanya sabun vitalisnya digandrungi banyak orang.

      Hapus
  52. Fresh Dazzle me time.
    Tapi Aku suka ketiga variant Vitalis Body Wash karena sensasi mewah Mandi parfumnya bikin fresh Dan good mood.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup semua sabun vitalis memang asyik dan wanginya bisa menyesuaikan keinginan dan mood kita

      Hapus
  53. Aku aetuju di rumah dahulu mbak, untung ada vitalis yang bikin nggak males mandi yaa mana wanginya tahan lamaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. St...di rumah pun tetap harus wangi mbak biar nggak bete

      Hapus
  54. Vitalis hijau menurutku sih wanginya kuat banget, aku suka yang lembut lembut hihi jadi pilihanku yang pink, wanginya lembut

    BalasHapus
  55. Semuanya saya suka, tapi yang hijau itu memang menyegarkan ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos ah sama Yulia si hijau ini emang seger banget

      Hapus
  56. Suka sama wanginya semua variannya tidaj nyengat

    BalasHapus
  57. aku suka wanginya semua mbak
    yang botol ijo favorit karena segerrr

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon tidak membagikan tautan disini. Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sopan.