Ketika anggrek berbunga

IMG00215-20120304-0636

Setiap pagi, ketika memanaskan motor sebelum pergi mengantar si sulung ke sekolah, saya selalu memandang kehijauan yang ada di depan mata. Tidak banyak sebab hanya beberapa pohon hias di depan rumah. Sebuah pohon lamtoro milik tetangga, berdiri tegak bersandar pada pagar. Pohon itu berdaun kecil dengan bunga-bunga berbentuk bundar kecil dengan benang sari di sekelilingnya. Lebah-lebah sibuk berpindah dari bunga satu ke lainnya. Sepertinya mereka bahagia bisa bermain di sana. Sampai-sampai tidak mau berpindah ke sekumpulan bunga anggrek ungu yang sedang mekar.

Bunga-bunga anggrek inj mungkin tidak seharum dan sekaya bunga lamtoro, namun keindahannya benar-benar memberi kebahagiaan, khususnya untuk saya. Inilah salah satu peninggalan almarhum ibu yang terus memberi kebahagiaan buat yang melihatnya. Sekumpulan tanaman anggrek ini hidup nyaman di pojokan rumah, dekat pohon beringin yang rumbuh di pot kaleng besar.

IMG00400-20120514-0649

Semula, bunga-bunga ini seperti merana dan tak mau memperlihatkan kecantikannya. Saya hanya bisa berharap dan tetap menyiramnya. Tidak dengan air biasa, tapi air beras, seperti yang biasa dilakukan ibu. Begitu terus, dan bunga-bunga itu pun mulai kembali berbunga. Sinar matahari yang menyinarinya saat pagi, seperti memberi energi lain pada mereka hingga kekuatan untuk memperlihatkan keindahannya seperti tumbuh. Dan mereka pun bermekaran secara bergantian.

Di awali oleh anggrek putih kecil, lalu anggrek ungu, dan anggrek ungu lainnya. Sulur-sulur bunga itu terus mengapai ke atas hingga terlihat menyolok di tengah warna hijau dedaunan. Sungguh menyenangkan melihat mereka di pagi hari.

IMG00148-20120205-1700

Kini, gerombolan bunga-bunga itu tidak hanya di ujung batas rumah sebelah kiri, tapi juga ada di sebelah kanan. Bagian ini belum berbunga, mereka masih muda. Mereka masih terus tumbuh dengan warna hijau yang cantik. Ada bunga anggrek putih menyembul di sana, dia sang pendatang baru yang saya beli dalam keadaan berbunga. Sudah hampir satu bulan dan bunganya masih ada. Mudah-mudahan kelak, gerombolan bunga di sisi kanan akan berbunga seperti sisi lainnya. Pasti indah jika mereka berbunga secara bersamaan. Hingga bisa memberi kebahagiaan untuk banyak orang.


Comments