Perkedel

Tadi lihat postingan teman. Dia bikin perkedel. Jadi keingetan beberapa hari lalu bikin perkedel juga.

Lucunya, alasan bikin perkedelnya agak mirip sama temen. Karena mendapati harga perkedel nan imut di warung makan itu lumayan. Kalau bikin sendiri, bakalan puas bolak-balik makannya.

Sadar nggak sadar, perkedel ini lumayan tenar lho. Warung nasi padang pasti menyajikan dan cepet abis. Begitu juga warung tegal.

Oh ya, dulu sekali. Waktu masih suka kelayaban menjalani tugas, pernah berburu perkedel di Bandung. Ini bukan sembarang perkedel karena tenar abis.

Warungnya buka sore sampai pagi. Kalau nggak salah namanya perkedel janda. Tempatnya deket terminal atau stasiun gitu. Tempatnya kecil aja, kayak cukup buat naruh kompor, wajan plus perlengkapan perkedelnya. Tetapi...yang beli antreeee.

Selama menunggu, semua setia duduk manid sambil ngeteh atau ngopi. Ngobrol juga dong. Nggak ada gagdet ya, belum jamannya. Tapi malah lebih asyik karena semua ngobrol seru.

Perkedelnya sederhana. Bentuknya kecil tanpa tambahan apa pun kayak daging atau ayam. Malah kentangnya kayak ditumbuk sekadarnya saja. Rasanya...jangan dikata. Endesss.

Nah, kembali ke perkedel yang saya bikin, sama juga dengan perkedel di Bandung itu, nggak pake isi. Modalnya cuma kentang sama bumbu plus telur aja. Ini sih versi halus ya. Rasanya makyuss juga.

Resep perkedelnya lihat di grup masak, tapi di modifikasi sama saya. Tampilan sih sama.

Nah ini resep perkedel ala saya, siapa tau ada yang kepengin bikin perkedel juga. Hujan-hujan gini cucok banget lho buat camilan. Dicocol sambal atau saus juga nyummy.

Perkedel kentang

Bahan:
1 kg kentang
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt lada butiran
1 sdt pala
1 sdt garam
2 butir telur
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat;
1. Kupas kentang lalu potong-potong. Rendam dalam air agar tidak hitam.
2. Iris bawang merah dan bawang putih.
3. Siapkan minyak sedikit untuk menumis bawang. Tumis hingga bawang layu. Angkat.
4. Haluskan bawang, lada butiran, dan pala. Beri garam. Sisihkan.
5. Goreng kentang hingga setengah matang. Angkat langsung dihaluskan dengan cara ditekan-tekan. Bisa menggunakan cobek atau wadah lain. Lakukan sampai kentang habis.
6. Campur kentang yang telah halus dengan bumbu. Aduk rata. Cicipi. Kalau rasanya sudah pas baru masukkan 1 butir telur yang sudah dikocok rata. Aduk rata. Tekstur adonannya lengket.
7. Ambil 1 sendok makan adonan, pipihkan. Lakukan sampai adonan habis.
8. Kocok 1 butir telur. Sisihkan.
9. Panaskan wajan dan beri minyak banyak. Masukkan perkedel ke kocokan telur lalu goreng. Lakukan sampai habis. Perkedel siap dihidangkan.


Perkedel kentang 

Comments

Popular posts from this blog

Kriuk-kriuk dari Bati-bati