Memulai yang baru

Pagi di sini, dingin sekali. Musim kemarau memang membuat pagi menjadi dingin. Kabut juga selalu turun menyapa. Sementara sinar mentari masih belum sepenuhnya menyengat. Semburatnya masih lembut menyapa.

Inilah pagi di kota Banjarbaru, dekat Banjarmasin Kalimantan Selatan. Inilah tempat kami semua bersama berkumpul, memulai hari, menjalani aktivitas yang berbeda dengan sebelumnya, khususnya untuk saya.

Kami seperti memulai kembali kehidupan. Dari yang semula berjauhan menjadi dekat dan saling bergandengan tangan. Bekerjasama mengerjakan segala sesuatu. Kembali untuk mengenal diri kami masing-masing juga sekitar yang sama sekali baru. Budaya, adat istiadat, kebiasaan, dan tabiat, dan masih banyak lainnya, termasuk bahasa setempat yang kerap membuat saya bengong karena tidak mengerti apa maksudnya.

Maka, belajar adalah kunci utama untuk mengenal semuanya. Mengerti dan memahami agar tidak salah mengerti dan menyakiti orang lain. Karena ini adalah tanah baru untuk kami berpijak dan dijunjung.

Comments