Kreasiku, Asa dari Tanah Seberang





Ini kreasiku! Sebuah sapu tangan yang saya buat sendiri saat mengikuti pelatihan membuat kain sasirangan. Sekadar informasi, ini adalah pelatihan kedua yang saya ikuti. Walau sama-sama membuat kain sasirangan tetapi teknik perwarnaannya berbeda. Pelatihan pertama mengajarkan cara mewarnai dengan pewarna kimia, sedangkan pelatihan kedua memakai pewarna alam.

Saputangan Sasirangan kreasiku (dok. pribadi)


Perkara soal pelatihan, jika dirunut kebelakang ternyata saya juga pernah mengikuti kegiatan cara membuat kain batik. Menurut saya, kedua cara membuat kain tersebut sama-sama memiliki keunikan dan kerumitan tersendiri. Itu sebabnya setiap kain menjadi bernilai untuk saya. Ya, saya memang menyukai kain. 

Keindahan Nan Memesona

Entah berapa kali saya mendengar perkataan “mulailah usaha dari hobi”. Beberapa televisi juga kerap menayangkan acara dengan narasumber para pengusaha yang berhasil mengembangkan hobinya menjadi sebuah usaha. Herannya, dalam benak saya sama sekali tidak terlintas untuk berjualan kain. Dorongan itu timbul ketika tanpa sengaja saya menggunggah foto-foto kain sasirangan di media sosial. Satu per satu teman bertanya dan memesan. Saat itulah saya berpikir mengapa tidak sekalian saja berjualan. Saya pun mencoba keluar dari zona nyaman saya sebagai seorang ibu rumah tangga.



Wastra

Kain atau wastra adalah barang yang akan saya jual. Pertimbangannya selain berdasarkan permintaan teman-teman, saya juga menyukai kain. Memegang dan mencium harum kain membuat saya bahagia. Sebagai penggemar kain, saya bisa memasarkannya dengan lebih menjiwai. Menerangkan jenis bahan dan motif pada pelanggan sama artinya dengan berbagi kesenangan saya pada orang lain.

Belajar

Tak berhenti sampai disitu, saya pun mengikuti pelatihan membuat kain sasirangan supaya tahu seluk beluk pembuatannya. Ternyata untuk membuat selembar kain sasirangan perlu ketelitian dalam menjelujur. Jarak antar benang harus sama agar hasilnya bagus. Cara menarik benang pun tidak bisa sembarangan supaya zat pewarna tidak menyerap ke dalam kain. Proses pencelupan pun harus dilakukan berulang kali agar warnanya sesuai keinginan. Pantas saja proses pembuatan kain bisa memakan waktu dua hari. 

Pengrajin

Dari kegiatan pelatihan dan bazaar, saya melihat betapa beragamnya motif kain sasirangan yang dibuat. Jumlah pengrajin kain sasirangan pun tersebar di beberapa daerah. Masing-masing memiliki keunggulan dan motif yang berbeda. Akhirnya saya memutuskan untuk bekerjasama dengan pengrajin kain sasirangan dari Kabupaten Banjar. Pertimbangannya, kain buatan mereka tidak luntur, warnanya pun cantik, serta modelnya sangat bervariasi. Ya bagaiamana pun juga kualitas menjadi urutan tertinggi di daftar saya. 

Untuk Negeriku

Sebagai warga negara yang mencintai produk lokal, saya merasa harus ambil bagian untuk mendukung pemerintah mendorong pertumbuhan UKM. Cara yang saya tempuh adalah memasarkannya melalui internet.  Dengan demikian kain sasirangan akan dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan oleh warga dunia.

Harapanku

Dari berjualan kain tentu saja saya tentu berharap mendapat keuntungan. Meskipun sebagai ibu rumah tangga, saya ingin memiliki penghasilan sendiri. Nantinya pemasukan yang didapat bisa saya gunakan untuk mengembangkan usaha. Sebagian disimpan dan dijadikan dana cadangan jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diharapkan.

Bersinergi Bersama Blibli.com

Sadar kalau meriah impian itu tidak mudah, apalagi ilmu penjualan saya masih minim, saya mulai mencari buku pemasaran. Dari buku “Langkah Jitu Jadi Womenpreneur Sukses” saya belajar merencanakan pemasaran dimulai dengan menentukan pelanggan, membuat produk yang unik, melakukan riset, membuat data pelanggan, mengetahui keunggulan produk, merek, posisi, harga, dan promosi. Dititik inilah saya merasa perlu mencari tempat berjualan yang mumpuni. Membuka toko bukanlah pilihan tepat mengingat saya masih harus mengantar jemput anak-anak. Alternatif lain adalah memasarkannya melalui internet.

Blibli.com menjadi pelabuhan pilihan saya. Sebagai marketplace besar, Blibli.com sangat peduli dengan produk lokal. Melalui Kreasiku, Blibli.com memudahkan pelanggan mencari beragam barang buatan Indonesia. Hal ini tentu sejalan dengan misi saya untuk mengenalkan kain sasirangan. Tidak hanya warga Indonesia namun hingga masyarakat dunia.



Terpercaya

1.       Marketplace pertama
Blibli.com merupakan pelopor toko online di Indonesia. Dengan slogan “Big Choises, Big Deals”, Blibli.com menyediakan berbagai produk sesuai kebutuhan pelanggan. Produk yang tersediapun terjamin keasliannya.
2.       Tidak terbatas waktu
Sebagai online marketplace, Blibli.com dapat diakses kapan saja, oleh siapa saja, dan darimana saja. Semua kemudahan ini tentu akan membantu saya dalam menjalankan usaha serta menggenalkan kain sasirangan pada masyarakat luas. 



Reliabel

1.       Aman
Reputasi merchant sangati diperhatikan oleh Blibli.com. Ditandai dengan ikon bintang yang tertera di bagian atas “gerai” merchant tersebut. Semakin banyak ikon bintang yang tertera menandakan reputasi merchant sangat baik. Hal ini ditentukan oleh kecepatan merchant merespon pesanan, jaminan ketersediaan produk, dan kualitas produknya.
2.       Cepat dan mudah
Setelah mendaftar, pelanggan dapat mencari dan memilih produk yang terdapat di kategori belanja. Kemudian menambahkannya ke daftar belanjaan. Pelanggan dapat menentukan sendiri proses pembayaran yang diinginkan dan mengisi alamat pengiriman. Selanjutnya pelanggan melakukan proses pembayaran dan menunggu barang datang.



Lengkap

1.       Beragam barang, pembayaran, dan pengiriman
Bukalah kategori belanja dan temukan beragam barang yang ditawarkan. Mulai dari keperluan rumah tangga, gawai, pakaian, tiket, kesehatan, otomotif, hingga kreasiku. Khusus kreasiku berisikan beragam produk yang dibuat dan menggunakan bahan lokal.
Kemudahan pembayaran
Faktor keamanan sangat terjamin, sistem pembayarannya sudah bersertifikasi oleh Verisign dan Credit Card Fraud Detection System. Jika menemui kendala bisa menghubungi customer care melalui telepon, email, dan chat. Pembayaran juga dapat dilakukan dengan beberapa pilihan seperti bayar ditempat, internet banking, kartu kredit/debit, transfer, bayar di toko, cash on delivery, kredivo, dan AkuLaku.
Pengiriman
Untuk memastikan barang terkirim dengan aman, Blibli.com mengandeng Gojek dan grab selain Jne, J&T, dan Tiki serta ekspedisi lain. 

2.       Pelatihan untuk umkm
The Big Start merupakan kompetisi creativepreneur yang memberi kesempatan para pelaku UKM untuk mengembangkan bisnisnya. Para peserta akan dibekali beragam pengetahuan dan pengalaman untuk menghadapi dunia bisnis, terutama di era digital. 



Mengutip perkataan Rinny Ermiyanti Yasin, seorang pengusaha wanita, “Bergeraklah segera. Bangunlah bisnis Anda mulai dari sekarang”, kini saatnya saya untuk bergerak. Selain sudah memiliki produk, saya juga telah menemukan Blibli.com sebagai rekan yang tepat. Untuk teman-teman yang ingin membuka usaha, ayo langkahkan kakimu. Mulailah. Wujudkan semua impianmu bersama Blibli.com.


Komentar

  1. cakep mba sapu tangan sasirangan unik banget belum pernah liat aku :) semoga usaha impiannya bisa berjalan lancar y mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk doanya mbak. sapu tangannya bikin sendiri. motifnya semaunya sendiri. hasil belajar bikin sasirangan dengan pewarna alam.

      Hapus
  2. Kreatif sekali. Keren ya dengan blibli.com jadi mempermudah. Semoga semakin sukses dengan hobi yang menghasilkannya :)

    BalasHapus
  3. Wastranya unik banget motifnya mba, tiada duanya ini , memang cocok sekali kalo mau di jual lewat blibli

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga niat saya bisa segera diwujudkan. motif sasirangan sangat unik karena berbeda dengan batik.

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon tidak membagikan tautan disini. Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Postingan populer dari blog ini

Ke Banjarmasin Naik Transportasi Umum Yang Adem dan Nyaman? Ya, Pakai BRT dong.