Melihat Acara Mandi Sungai Riam di Cemapaka

Cara Memulihkan Facebook yang Terkunci


Beberapa waktu lalu, saya mengalami kejadian mengejutkan. Tanpa sebab, saya tidak bisa membuka Facebook melalui laptop. 

Meski sudah memasukkan alamat email dan kata kunci, laman tidak juga terbuka. Bingung juga karena selama ini saya bisa mengaksesnya dengan mudah. Tinggal masukkan alamat email dan kata sandi, facebook akan serta merta terpampang di depan mata.

Namun, meski sudah melaksanakan aturan standar, alias menuliskan email dan kata sandi, 
saya tetap gagal.

tampilan facebook di handphone
Tampilan facebook di gawai


Sempat tiga kali mencoba, sebelum akhirnya saya termenung. Ada apa?

Apakah penyebabnya karena sehari-hari facebook dijalankan melalui gawai? Tetapi, biasanya tidak ada masalah saat membukanya di laptop.

Setelah diingat-ingat, saya pernah diminta memasukkan kode keamanan oleh facebook. Tujuannya sudah pasti menjaga akun dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ah, iya. Facebook memang semakin menaikkan level keamanannya. Hal ini tentu bermanfaat untuk penggunanya. Salah satunya dengan meminta pengguna memasukkan nomor telepon untuk mengamankan akun.

Dengan demikian, jika ada orang lain atau dalam kasus ini, saya sendiri, ingin mengakses facebook melalui perangkat lain, diharuskan untuk memasukkan kode keamanan.

Waktu itu saya sempat mengonfirmasi ulang. Mungkinkah hal ini ada kaitan dengan masalah yang terjadi. Mari mencari tahu.

Mengecek kode 6 digit

Akhirnya saya memilih mencoba kembali. Kali ini tentu dengan lebih hati-hati.

Untuk mencari kode keamanan yang tersimpan diperlukan dua perangkat, yaitu laptop dan gawai.

Laptop dibutuhkan untuk mengoperasikan facebook. Sedangkan gawai dipakai agar bisa mencari kode pengaman facebook.

Generator Kode

Saat ini laman facebook saya di laptop masih belum bisa diakses. Pada layar terlihat sebuah kotak yang harus saya isi dengan enam buah angka yang tersimpan di generator kode.

Generator kode adalah fitur keamanan untuk aplikasi facebook yang digunakan dengan autentikasi dua faktor, demikian informasi yang saya dapat dari pusat bantuan facebook.

Ketika diaktifkan, gawai pemilik akun akan membuat kode keamanan khusus yang dipakai untuk memverifikasi kebenaran dari pemilik akun yang dibuka di perangkat berbeda atau browser baru.

Kode keamanan Generator Kode yang digunakan untuk autentikasi dua faktor selalu berupa enam angka dan akan kedaluwarsa setelah 30 atau 60 detik. Jadi kodenya akan selalu berubah. 
 
Disinilah gawai memegang peranan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengklik kode garis tiga di bagian ujung ( Ξ ). Kode ini menuju ke bagian pengaturan pribadi.

klik bagian ujung kanan
Klik bagian ujung atas (yang bertanda panah hijau)


Setelah diklik, akan keluar berbagai macam keterangan. Pilihlah bagian pengaturan dan privasi.

sorot ke pengaturan dan privasi
Sorot ke bagian pengaturan dan privasi



Sorot hingga menemukan kata generator code. Klik tanda tersebut dan keluarlah enam angka yang tadi menjadi misteri.

 
klik generator mode
Klik Generator mode




6 angka kode keamanan
6 digit angka kode keamanan

Masukkan angka-angka tersebut ke dalam kotak yang terdapat di laptop. Kemudian ikuti perintah selanjutnya. Wuila, facebook kembali bisa dibuka melalui laptop.


Komentar