Awas. Modus penipuan baru dengan auto TP lewat hp

Modus penipuan melalui pesan singkat semakin beragam. Salah satunya adalah pesan soal auto TP lewat hp. 

Siang ini saya mendapat sebuah pesan singkat. Isinya benar-benar singkat, hanya mengatakan kalau nomor hp saya sudah terdaftar secara otomatis untuk mengirim pulsa ke sebuah nomor secara rutin dengan jumlah nominal sama.

Deg. Kening saya langsung berkerut. Mencoba mengingat kapan saya melakukan pembelian pulsa terakhir dan dimana. Jadi teringat kembali soal jual beli data, termasuk nomor telepon yang dulu marak.

Sma auto tp
Pesan misterius


Lalu nomor yang tercantum di pesan singkat itu milik siapa? Sebab pesan yang saya dapat tidak menyebut salah satu nama yang ada di kontak. 

Apalagi saya merasa tidak pernah mengaktifkan fitur auto TP. Banyak alasan mengapa saya tidak mengaktifkannya, salah satunya karena provider yang berbeda.

Sikap waspada ini perlu loh karena belakangan modus penipuan melalui pesan singkat kembali marak. Teman-teman tentu masih ingat dengan pesan transfer pulsa untuk mama yang dulu heboh itu. 

Lalu macam-macam pesan lain yang intinya sama, menipu. Aduh, harus semakin hati-hati ya kalau menerima pesan. Jangan sungkan buat mengecek kebenarannya. Kalau perlu bertanya sama teman-teman. Intinya cari tahu, cari tahu, dan cari tahu.

Auto TP

Untuk pesan yang saya terima kali ini, secara otomatis menghidupkan alarm. Setelah melakukan pengecekan internal, maksudnya mengingat dimana membeli pulsa dan apakah mengenali nomor telepon yang mengirimkan pesan, saya mulai mencari tahu melalui internet. Dan, voila. Alarm saya ternyata masih berfungsi dengan baik. Rupanya ini modus penipuan baru.

Apa itu auto TP

Dari artikel yang saya baca, ternyata auto TP merupakan sebuah fitur yang dimiliki oleh Telkomsel. Gunanya untuk mentransfer pulsa ke sesama pengguna yang tentu saja saling mengenal.

Layanan ini memungkin seseorang untuk mentransfer sejumlah pulsa secara rutin pada waktu yang telah ditentukan. Misalnya, biar nggak ribet saya menjadwalkan mengirimkan pulsa sebesar Rp10.000 setiap tanggal 5 ke nomor telepon anak saya. Hal ini tentu menghindari alpa karena kesibukan bekerja. 

Fitur inilah yang dimanfaatkan pelaku dengan mengirimkan sms, seolah-olah saya sudah terdaftar di layanan tersebut. 

Dalam sms itu, pelaku mengirimkan format palsu untuk registrasi dari auto TP. Seperti ini bentuk smsnya.

Sms auto tp
Sms yang saya terima



Dari pesan itu tercantum nomor telepon untuk unregistrasi palsu. Jadi kalau saya mengikuti petunjuknya, saya justru mentransfer pulsa sebesar yang diminta pelaku. 

Cara cek auto TP

Karena merasa tidak terdaftar dalam fitur auto TP, namun jadi galau gara-gara sms, akhirnya mampir ke situs milik Telkomsel. Saya mau tahu apakah nomor hp terdaftar atau tidak dalam layanan auto TP. Ternyata caranya mudah kok.

  1. Lakukan dial ke *858#
  2. Kemudian ketik angka 5
  3. Lalu tunggu beberapa saat sampai sebuah pesan masuk.

Cek auto tp
Cara mencek auto TP

Dari pesan yang saya terima, ternyata nomor telepon saya tidak terdaftar di fitur tersebut. Jadi benar adanya kalau sms yang saya dapat adalah modus penipuan dengan memanfaatkan auto TP. 

Auto tp telkomsel
Sms balasan dari telkomsel 


Lalu apa yang harus dilakukan? Hapus saja pesannya dan bikin artikel agar semakin banyak orang yang tahu dan tidak terpedaya. So, teman-teman hati-hati ya. Selalu waspada dan jangan ragu untuk mengecek dan mencari tahu. 



Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon tidak membagikan tautan disini. Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kain Sasirangan Dengan Pewarna Alam

Ke Banjarmasin Naik Transportasi Umum Yang Adem dan Nyaman? Ya, Pakai BRT dong.

Review: Vitalis Body Wash Hijau dan Body Positivity