Cara Mudah Meningkatkan Follower Instagram


Instagram merupakan media sosial yang digunakan banyak orang. Selain sebagai sarana untuk komunikasi, instagram juga dipakai untuk aktualisasi diri.


Saya termasuk pengguna instagram. Awalnya sih ikut-ikutan saja. Postingannya pun dilakukan kalau ada waktu, nggak rutin gitu. Pokoknya buat menyenangkan diri sendiri deh.


Waktu itu jumlah follower sama sekali nggak saya prioritaskan. Nggak heran kalau penambahan angka followernya lammmbbbaattt. Mencapai angka 500 saja butuh waktu berbulan-bulan.


Hingga suatu saat, saya ngeliat postingan soal acara untuk menambah jumlah follower. Di saat bersamaan, di grup blogger yang saya ikuti kerap disebarkan berbagai tawaran pekerjaan yang postingannya dilakukan di instagram. Tentunya jumlah minimal follower jadi salah satu syarat yang harus dipenuhi.


Wow, saya pun tergoda buat ikutan. Tapi nggak bisa karena follower nggak sesuai ketentuan. Mulailah jalan-jalan ke sana kemari untuk mencari tahu cara buat meningkatkan jumlah follower.


Akun instagram
Akun instagram utama (foto: pribadi)


Kebenaran lagi, salah satu penerbit mengadakan kelas buat meningkat follower instagram. Langsung daftar dong. Pesan bangku paling depan. Hahaha.


Kelas ini dipandu oleh kak Khasanantur Rosyidah, seorang freelance grafis desainer dan content creator. Dengan gamblang, kak Oci menjelaskan cara meningkatkatkan follower instagram dengan mudah. Kuncinya terletak pada:


  1. Target pasar

Kayak mau bisnis aja ya. Yup, langkah awal yang harus diperhatikan adalah menentukan target pasar instagram yang dibuat. Apakah isinya untuk remaja, orang tua muda, atau orang tua. Kaitannya nanti pada bahasa, konten, dan visual yang akan dibuat. Nggak mungkin dong buat orang tua kita pakai warna yang cetar membahana dan bahasa gaul, nanti bisa bikin pusing kepala. Akan jauh terlihat menyenangkan kalau visualnya memakai warna teduh dan bahasa yang sederhana supaya lebih mudah dibaca.


Akun instagram kuliner
Akun instagram kuliner (foto: pribadi)


  1. Visual

Untuk memilih visual yang cocok, bisa kok lihat-lihat ke akun instagram lain. Nanti baru dikembangkan di akun instagram kita. Pastinya pilih visual yang bisa membuat orang betah ya.


  1. Konten

Konten yang dibuat akan menentukan first impression pembaca. Ini penting banget loh. Salah menentukan konten bisa berakibat target tak tercapai. Kalau bingung menentukan kontennya, bisa kok melakukan studi banding ke berbagai akun yang sudah memiliki banyak follower. Usahakan konten yang dibuat sesuai dengan diri sendiri ya sehingga terlihat berbeda dengan akun lainnya.


  1. Caption

Jangan malas mengupdate diri dengan membaca. Dengan membaca kita jadi tahu kabar atau isu yang terjadi. Baru deh diolah menjadi caption di instagram. Tentunya bahasanya disesuaikan dengan target follower ya. Banyak atau sedikitnya caption terserah kok, namun sebaiknya caption dibuat menarik.


  1. Hastag, tag, tagar

Buat hastag yang sesuai dengan caption dan target pasar. Sesuaikan juga foto yang ada. Tujuannya agar foto lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain yang berpotensi menjadi follower kita.


Hastag instagram
Hastag, tagar, tag di instagram (desain canva)


  1. Follow akun lain

Jangan ragu buat follow akun lain, termasuk akun selebritis atau selebgram ya. Atau ikutan acara saling follow, ini efektif banget buat meningkatkan jumlah follower. Kegiatan ini bermanfaat sekali buat pemilik instagram baru atau lama.


  1. Tag akun lain

Menandai postingan yang kita buat ke akun lain juga bisa memberi pengaruh positif. Apalagi kalau akun tersebut mau merepost postingan kita, otomatis akan semakin banyak orang yang tahu akun instagram kita. Semakin banyak yang tahu semakin besar peluang mendapatkan follower.


  1. Bagikan di akun media sosial lainnya

Langkah berikut yang bisa dilakukan adalah membagikan postingan di instagram ke akun media sosial lainnya. Biar gampang lakukan sinkronisasi antara akun instagram dengan facebook, twitter, atau akun lainnya. Jadi begitu membuat postingan di instagram akan tampil juga di akun media sosial lainnya.


Bagaimana, mudahkan meningkatkan follower instagram. Kuy, langsung praktekin.m



Komentar

  1. Selama ini aku memang ga serius sih Ama yg namanya jumlah followers. Temen2 pada ikutin follow loop, aku kok ya ga kepengin.

    Memperbaiki konten, membuat caption menarik, lebih aku suka drpd hrs follow loop ato yg paling parah beli followers. Amit2, kalo itu :p.

    Tp yg pasti ga mau ngoyo sih. Biar berjalan sendirilah. :).

    Aku biasanya jg bakal follback kalo IG nya sesuai Ama tasteku. Kalo post nya msh sedikit, dan ga jelas, ya emoh bakal follback :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, saya juga nggak terlalu ngoyo sama follower takut membebani. Lebih suka bikin postingan, karena lebih seru lalu kasih hastag.

      Hapus
  2. aku juga lebih sreg memperbaiki konten kayak ngedit foto sebagus mungkin sebelum diupload
    masalahnya kadang aku lupa hastag ya jadinya followe ga nambah

    iya kalau ikut loop followe atau instagram walking jadinya beban dulu pernah ikut tapi lama-lama ga ada waktu mbak huhu

    BalasHapus
  3. Menarik nih mbak, tapi lebih mendalam, ada juga value dan kekuatan konten yang datang dari si pembuatnya sendiri.

    haha, maklum saya di agensi iklan dua tahun hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mas zaki, terima kasih sudah mampir dan kasih masukan keren banget buat saya dan teman-teman.

      Hapus
  4. Saya tadinya juga ngga mementingkan follower, isi IG pjn campur2. sampai akhirnya tersesat di circle para Influencer dan baru ngeh kaya gini tuh bukan hal sepele dan mudah juga.

    Btw saya follow IG nya ga mba dengan akun baru. Akun lama buat jualan. Hehe

    BalasHapus
  5. Terima kasih ya mbak atas sharing tips dalam meningkatkan foloower IG, semoga akun IG mbaknya juga kebajiran follower kelak.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon tidak membagikan tautan disini. Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kain Sasirangan Dengan Pewarna Alam

Ke Banjarmasin Naik Transportasi Umum Yang Adem dan Nyaman? Ya, Pakai BRT dong.

Review: Vitalis Body Wash Hijau dan Body Positivity