Melihat Acara Mandi Sungai Riam di Cemapaka

Tip Membuat Pie Yang Enak

Camilan ini mempunyai lapisan kulit yang renyah dan isinya yang manis atau asin. Pie semakin digemari karena dapat dibuat dengan menggunakan teflon.

Siang itu putri saya meminta dibuatkan pie. Permintaannya tidak langsung saya setujui. Bahannya sih ada, tapi alatnya yang nggak ada. Dalam ingatan saya, untuk membuat pie diperlukan oven dan loyang khusus pie. 

Pendapat saya langsung patah begitu saja ketika dengan santainya putri saya menunjukan pie yang dibuat dengan teflon. Woohoo, ternyata bisa ya tanpa cetakan. Aduh, saya ketinggalan berita nih. 

Pie teflon coklat
Pie teflon coklat (foto: pribadi)


SEJARAH PIE

Pemakaian teflon dalam pembuatan pie merupakan terobosan baru. Bayangkan, dengan sebuah alat masak saja sudah bisa menghasilkan cemilan yang enak dan dikenal masyarakat luas. 

Yup. Ketenaran penganan yang dibuat dari tepung terigu, mentega, dan telur ini tidak lepas dari sejarahnya. Perjalanan camilan manis ini memang sangat panjang. 

Sebuah artikel yang terdapat di majalah historia, Pie diperkirakan sudah ada sejak zaman mesin kuno. Tepatnya pada masa kepemimpinan Raja Ramses II. Hal ini diketahui dari tulisan pai yang terdapat pada makam sang raja. 

Pie macha
Pie macha (foto: pribadi)


Masyarakat Yunani juga memiliki sajian serupa yang dikenal dengan sebutan galette.
Adonan yang terbuat dari tepung dan air tersebut dibuat untuk membungkus daging saat dipanggang. Dengan demikian lemak daging tidak hilang dan daging tetap lembab.

Teknik memasak ini kemudian diadopsi oleh Orang Romawi. Mereka membuat isian yang beragam, termasuk dari buah-buahan. Di tangan mereka, pie bercita rasa manis ini menjadi makanan penutup. 

Selanjutnya pie semakin dikenal luas hingga ke Inggris, Perancis, Jerman, Italia dan, Amerika, pumpkin pie adalah hidangan pie yang tersohor dari inggris. 

Para wanita di amerika tidak hanya mengadopsi pie, namun merubah bentuk pie dengan menggunakan panci bulat. Adonan pie yang telah dipipihkan dicetak ke dalam panci lalu ditutup adonan pie lagi. 

Di indonesia, pie dikenal dengan pastel. Bentuknya setengah lingkaran dengan Isian beragam seperti buah, sayur, dan daging. Rasanya asin. Pie manis semakin dikenal setelah seseorang membuat pie susu. Boom. Camilan ini langsung menjadi oleh-oleh yang wajib dibeli saat mengunjungi Bali.

PIE TEFLON

Selepas itu, nama pie seperti tak terdengar. Meski tetap banyak penggemarnya. Contoh saya, gembira banget waktu dikasih oleh-oleh pie susu dari Bali. Atau lain waktu, bikin pie apel nebeng di dapur teman yang punya oven dan loyang.

Baru pada tahun 2016, pie teflon muncul ke permukaan. Namun gaungnya belum seheboh sekarang, seiring makin mudahnya mendokumentasikan dan menyebarkan video memasak.

Berangkat dari rasa penasaran dan keinginan untuk membahagiakan anak-anak, saya memutuskan mencoba membuat pie teflon
Caranya mudah, tinggal mencampur tepung terigu, mentega, dan telur. Untuk isi atau toppingnya bisa dimodifikasi sesuai hati. Saya sengaja menambahkan buah naga yang tersisa di kulkas.

Pie buah naga
Pie buah naga (foto: pribadi)


Berikut resep pie teflon ala saya.

Bahan:
150 gram tepung terigu
100 gram margarin
½ sdt garam
1 butir telur

Bahan isi:
1 sdm maizena
50 ml air
3 kuning telur, dikocok lepas
3 bungkus susu kental manis putih
½ sdt garam
½ buah naga, haluskan

Cara membuat:
  1. Siapkan wadah. Masukan tepung terigu, garam, dan margarin. Remas-remas dengan ujung jari sampai berbentuk seperti pasir.
  2. Masukkan telur, aduk rata hingga dapat dibulatkan. 
  3. Siapkan teflon. 
  4. Gilas adonan dengan rolling pin. Atau taruh adonan di teflon lalu tekan-tekan dengan jari hingga seluruh permukaan teflon tertutupi. 
  5. Tusuk-tusuk kulit pie dengan garpu. Sisihkan.
  6. Bahan isian: larutkan maizena dengan sedikit air. Tuang ke panci.
  7. Masukan semua bahan isi lalu aduk rata. 
  8. Panaskan di atas api sedang sambil diaduk hingga mengental.angkat sisihkan.
  9. Tuang bahan isi ke dalam teflon.
  10. Masak diatas api kecil sambil ditutup selama 30 menit. Angkat dan sajikan.

Pie buah naga
Tutup teflon saat memasak pie (foto: pribadi)


Akhirnya pie teflon jadi. Rasanya enak dong. Hore….hore. Teman-teman bisa mencoba resepnya loh. Supaya berhasil, simak juga tip membuat pie teflon berikut ini ya.

  1. Gunakan tepung terigu protein sedang atau tepung terigu serbaguna agar tekstur kulit pie renyah.
  2. Tambahkan margarin supaya tekstur kulit pie menjadi lebih empuk.
  3. Jangan menguleni adonan terlalu lama karena bisa membuat kulit pie menjadi kenyal dan tidak renyah. Cukup adonan/aduk sebentar hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Kalau membuat pie dengan cetakan, sebaiknya pilih cetakan yang bagian dasarnya bisa dilepas sehingga mudah mengangkat pie yang sudah matang.
  5. Bila menggunakan teflon. Setelah matang biarkan pie benar-benar dingin baru dikeluarkan dari teflon agar tidak patah.


Komentar

  1. Waah, aku suka makan pie. Baru tau cetakan pie bisa dengan pke teflon. Eh, ternyata bahannya mudah ya Mbak. Kebetulan bahannya ada, cuma gak punya buah naga aja. Kalau diskip boleh nggak sih?

    Baca artikel ini menang banyak saya. Dapat resep, dapat sejarah pembuatan pie lagi. Makasih infonya Mbak, memang ya orang Yunani dan Romawi sungguhlah kreatif, segala apa semua bermuara ke 2 negara ini 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak bahannya sederhana tinggal topingnya aja yang bebas dibikin dari apa aja.

      Hapus
  2. Resepnya simple ya ... wajib praktek ... buahnya bisa ganti dgn apa saja kan, mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buahnya bisa apa aja sih tapi jangan yang asam mbak supaya nggak kecut.

      Hapus
  3. Jd pengen bikin. Ternyata resepnya simple ya..sebelumnya baru pernah nyoba pie susu yg beli di toko

    BalasHapus
  4. Menggiurkan sekali mba pie naganya, kemaren ulun sudah coba rasa vanilla. Sepertinya rasa cokelat juga enak nih. Nanti deh bikin pie lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pasti dong mbak hhehehehe memuji diri sendiri.

      Hapus
  5. dulu sebelum punya oven, kalau bikin pie pasti pake trflon. kastangel pun pake teflon.
    kalau aku suka pake susu bubuk buat kulitnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kastengel belum pernah bikin pakai teflon kebayang lamanya hahahaha

      Hapus
  6. Pie memang enak, apalagi dibuat sendiri sehingga bisa mnentukan takaran bahan2nya sendiri.

    BalasHapus
  7. Pie termasuk kue yang aku suka. Kalo dapet snack pie ini, yg ukurannya mungil² gitu wah seneng banget rasanya. Terakhir beli pie susu bali di indomaret. Ok, i try resep pie dari mbak Utari aahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak pie buah cantik dilihatnya bikin ngiler

      Hapus
  8. waahh ketemu resep pie buah naga, baru tau aku. biasanya cuma bikin pie susu aja taunya. wajib coba nih...

    BalasHapus
  9. bikin pie ini termasuk gampang ya, mbak. nggak perlu banyak langkah dan bahan. aku pernah nyoba juga bikin pie teflon. tapi ada juga nih pie yang aku penasaran bikinnya yakni pie apel. susah banget bikin tutupnya. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh pai apel sebenarnya adonan atasnya sama kok tinggal dikreasikab aja mau dilipit-lipit atau ditutup sepenuhnya. Hm bikin pie apel asyik juga kali ya

      Hapus
  10. Liat pie buah naga ini aku kd kangen sm kebun buah naga di pelaihari. Beneran dah. Pernah bikin pie buah naga n kangen bgt pengen bikin lg.

    BalasHapus
  11. Kayanya ini harus pake teflon yg ada tutupnya ya. Teflon aku gada tutupnya sih. Tp kalo liat bahan memang cemilam ini murmer ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tutupnya apa aja mbak yang penting ke tutup biar atasnya matang mbak. Manfaatin tutup panci

      Hapus
  12. Aku mau coba juga ah lagi belajar masak. Makasi Mba:)

    BalasHapus
  13. Demi apa, pagi-pagi aku buka ini kok ngiler kali ya jadi pengen makan pie deh hari ini gara-gara liat ini. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon tidak membagikan tautan disini. Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sopan.