Asus ProArt Studiobook One, gear tangguh untuk profesional

10 Nilai IDN Media yang Bisa Ditiru Pelaku UKM

10 Nilai IDN Media yang bisa ditiru pelaku UKM dalam membangun dan mengembangkan usaha. Nilai tersebut dapat menjadi budaya kerja perusahaan.

Saya bertekad untuk bisa membangun sebuah usaha sendiri. Mimpi ini bukanlah bunga tidur yang menghiasi malam, namun hasrat yang harus diwujudkan. Perjalanannya tentu tidak mudah, namun bukan berarti menyerah.

“Mereka yang bekerja dengan ketulusan adalah penggerak untuk kehidupan yang lebih baik. Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) pun diharapkan dapat membaktikan ketulusan kerjanya bagi masyarakat Indonesia dengan mendemokrasikan informasi.”

Sebagai langkah awal sekaligus memupuk budaya kerja yang nantinya ada dalam usaha, saya tidak pernag berhenti membaca berbagai  artikel tentang etos kerja dan nilai suatu perusahaan. Hingga mendapati 10 nilai IDN Media yang bisa ditiru UKM, seperti saya.

mural IDN
Tambahkan teks

 

Memiliki nilai-nilai usaha yang jelas dan terarah ibarat aliran darah dalam tubuh. Dia akan berkeliling membawa nutrisi, oksigen, dan membuang kotoran yang ada dalam tubuh. Membuat tubuh perusahaan senantiasa dalam kondisi baik dan sehat.

Winston Utama, Founder dan CEO IDN Media berhasil menanamkan Timmyness sebagai nilai dan kultur perusahaan kepada semua jajaran (Timmy) dalam menjalankan tugasnya.

Berikut adalah 10 nilai IDN Media yang menjadi sendi utama perusahaan multi media-platform terkemuka di Indonesia. 

timmyness idn

 

1.       Bringing crastivity, sincerely, and passion to the work (membawa kreativitas, ketulusan, dan semangat dalam bekerja).

Tidak pernah berhenti berkreasi dan belajar merupakan pemicu kuat bagi seseorang dalam menghasilkan karya. Hal ini menjadi bagian penting bagi mereka yang menceburkan diri di industri media, namun berlaku pula di bidang lainnya. Semangat untuk mengembangkan diri diperlukan untuk meningkatkan kemampuan sekaligus mengasah kreativitas. Capaian maksimal akan terwujud dengan adanya ketulusan dalam bekerja. Kombinasi keduanya dapat mendorong seseorang melejit hingga ke puncak tertinggi.

2.       Communicating properly and acting ethically (berkomunikasi dengan benar dan bertindak secara etis).

Dalam sebuah tim tidak akan pernah memiliki ide dan pikiran yang sama. Perbedaan selalu ada. Kemampuan berkomunikasi menjadi kunci utama untuk menyatukan pendapat agar dapat mencapai keberhasilan bersama.

Kemampuan menjalin komunikasi yang baik juga diterapkan untuk orang lain, siapapun itu. Pengertiannya tidak terbatas pada kemampuan berbicara, tetapi lebih luas lagi seperti bersikap menghormati semua orang yang ditemui.

3.       Thriving in ambiguity and fact-paced environment with constant changes (berkembang di tengah ambiguitas dan perubahan yang dinamis).

Kemampuan adaptasi menduduki nilai teratas dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Agar bisa tetap bertahan inovasi mutlak dilakukan sehingga bisa mengikuti kemajuan zaman. Bersikap tak gentar, tentunya dengan pemikiran matang, menjadi kekuatan untuk maju. Tak perlu takut dengan kemajuan teknologi, belajar untuk menguasai teknologi tersebut agar dapat digunakan dalam menjalankan dan mengembangkan usaha.

4.       Being active and collaborative rather than competitive (bersikap aktif dan kolaboratif, bukan kompetitif).

Berpegang tangan adalah hal penting untuk bersama-sama mencapai kemajuan. Berkolaborasi dapat menghilangkan hambatan yang timbul dalam bekerja. Buang jauh-jauh keinginan untuk berkompetisi secara tidak sehat. Ini bukan waktunya berdiri sendiri, ini adalah saatnya bersama-sama bekerja agar efektivitas pekerjaan meningkat.

5.       Embracing diversity (menghargai perbedaan)

Indonesia adalah negara kesatuan dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti meski berbeda-beda tetap satu juga. Menghargai setiap individu yang berada di dalam maupun diluar perusahaan dapat membuat suasana kerja menjadi menyenangkan.

6.       Maintaining a positive sttitude even when thing do not go one’s way (mempertahankan sikap positif, bahkan ketika sesuatu tak berjalan sesuai dengan harapan).

Menyusun sebuah rencana kerja tidak berarti pekerjaan akan berjalan dengan baik. Ada saja kendala yang terjadi. Bersikap positif atas ketidakberhasilan yang terjadi dapat menjadi amunisi untuk tetap menjalankan pekerjaan dengan baik dalam suasana yang menyenangkan.

7.       Assisting others in the group with their work for the benefit of the group (membantu rekan kerja demi kepentingan kelompok).

Tidak ada aku, yang ada kami. Tidak ada individu melainkan tim yang bekerjasama dalam mewujudkan rencana yang telah dibuat. Seluruh anggota bergandengan tangan dan bersikap terbuka saat menghadapi masalah yang timbul. Kemampuan ini niscaya mampu memperkecil masalah yang terjadi dan mendorong kemajuan bersama.

8.       Praising coworkers when they are successful and helping them when they need it (memuji rekan kerja saat mereka sukses dan membantu mereka saat mereka membutuhkan).

Bergandeng tangan untuk selanjutnya berjabatan tangan mampu memicu semangat kerja. Sebuah ucapan tulus yang dilontarkan merupakan doa bagi teman dan sang pelantun doa. Efeknya mampu membakar semangat untuk berkarya lebih baik lagi.

9.       Doing the right thing even when no one is watching (melakukan hal yang benar bahkan ketika tidak ada yang melihat).

Menjunjung tinggi nilai kejujuran wajib dijunjung setiap orang agar dapat membangun kepercayaan antar individu. Sikap ini akan meningkatkan penilaian orang lain terhadap individu yang berada di dalam perusahaan maupun pada perusahaan itu sendiri. Sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan nilai kepercayaan orang lain atau klien pada perusahaan.

10.   Seeing the company’s success as one’s own success (melihat kesuksesan perusahaan sebagai kesuksesan diri).

Penting untuk meleburkan diri dalam perusahaan agar seluruh nilai-nilai perusahaan dapat melekat kuat. Kelekatan tersebut bisa meningkatkan rasa memiliki sehingga kesuksesan yang diraih sama artinya dengan kesuksesan setiap individu yang berada di dalam perusahaan tersebut.

Mengadaptasi ke-10 nilai IDN Media yang bisa ditiru para pelaku UKM dapat mendorong produktivitas dalam berusaha. Diharapkan para pelaku UKM dapat mengembangkan usahanya lebih baik sehingga bisa berkembang dan menjadi berkah untuk masyarakat.

Komentar