Kuda lumping, antara trance dan hiburan

Dukungan Tanpa Batas IndiHome Memudahkan Aktivitas Pengrajin

Jaringan Internet yang mumpuni mendorong kreativitas dan aktivitas pengrajin. Inilah dukungan yang diberikan IndiHome untuk mendorong percepatan menuju kedaulatan digital Indonesia. 

Ketika negara api semakin memperlihatkan kekuatannya dan memaksa orang untuk tidak berkegiatan di luar rumah, seketika kehidupan berubah. Tidak ada lagi pertemuan yang penuh gelak tawa, tidak ada lagi perjalanan menikmati keindahan alam, tidak ada lagi antrean kendaraan. Semua berubah dengan cepat. Kehidupan seketika menjadi berbeda. 

Kejenuhan mulai melanda, namun keadaan tidak memungkinkan untuk kembali menjalani kehidupan seperti sedia kala. Berbagai hal digali untuk mengatasi kebosanan. Itu pula yang saya lakukan, mencari kesibukan dengan menekuni hobi lama yang sempat terlupakan. 

Belajar merajut dari internet indihome
Kembali merajut


Saya kembali berteman dengan gulungan benang warna-warni. Merajutnya menjadi berbagai barang kerajinan yang dapat dipakai serta mempercantik penampilan. Satu per satu karya lahir. Namun semua masih dibuat berdasar ingatan semata. Ilmu saya masih sangat terbatas. 

Hm, sekarang waktu yang tepat untuk kembali mengasah kemampuan yang dulu dipelajari secara otodidak. Waktu luang yang melimpah kini menjadi berkah untuk saya. Inilah kesempatan untuk belajar dari berbagai perguruan tanpa harus meninggalkan rumah. Lebih praktis dan menguntungkan. Semua berkat jaringan IndiHome

Mari Belajar 

Yup. Kegiatan belajar tidak hanya berlaku untuk anak-anak, saya pun masih perlu belajar banyak hal. Terutama pelajaran tentang membuat berbagai kerajinan tangan. Khususnya soal cara merajut. Saya ingin meningkatkan kemampuan merajut agar karya yang dihasilkan semakin beragam. 

Langkah pertama yang ditempuh adalah bergabung dengan berbagai kelompok merajut di media sosial. Wuah, rasanya saya berada di oase. Segar sekali. Saya jadi tahu bahwa beberapa kawan mengadakan pelatihan merajut secara daring. Ini dia yang saya butuhkan. 

Mulailah saya bergabung dengan sebuah pelatihan. Ternyata asyik ya. Meski berjauhan, materi yang diberikan sangat jelas dan dilengkapi video. Belajarnya tanpa kendala berarti berkat internet lancar dari IndiHome

Ide Bertebaran 

Puas mengikuti beberapa kelas merajut, keinginan untuk mengembangkan kemampuan merajut semakin menggebu. Saya ingin membuat berbagai macam benda yang belum pernah saya buat. 

Jaket rajut hasil belajar dari internet indihome
Jaket rajut untuk anak


Rasanya kepala penuh dengan berbagai rencana yang ingin diwujudkan. Apalagi setelah berselancar ke berbagai situs barang kerajinan dan merajut, semangat saya semakin meningkat. 

Saking senangnya, saya bisa menghabiskan waktu cukup lama untuk melihat desain dan teknik pembuatannya. Waktu seakan berlari. Tahu-tahu matahari sudah terbenam saja. 

Berbuah Cuan 

Dari berbagai pelatihan merajut plus berselancar di berbagai situs kerajinan, saya bisa membuat berbagai benda. Sayang juga kalau barang-barang seperti tas, bando, dompet, dan baju hanya saya nikmati sendiri. 

Supaya bisa dinikmati oleh orang lain, minimal melihat fotonya, barang kerajinan itu saya unggah ke media sosial. Berbagai komentar positif semakin membuat saya percaya diri. 

Tidak cuma itu, beberapa orang mulai menghubungi saya untuk dibuatkan rajutan. Sungguh saya merasa tersanjung. Tentu saja pesanan itu saya kerjakan dengan baik. 

Kini saya mempunyai kesibukan baru yang menguntungkan. Membuka pesanan pembuatan barang-barang rajutan. 

Kolaborasi Mengasyikan 

Kini, usaha pembuatan barang-barang rajutan sudah merambah ke kain dan anyaman. Semua di awali dengan mengunggah kain sasirangan yang saya beli. Ternyata banyak teman-teman yang berminat dan meminta saya menyediakan kain khas Banjar. 

Kain sasirangan dijual pakai indihome
Kain sasirangan banjar


Tanpa membuang waktu saya langsung menghubungi pengrajin kain sasirangan. Satu per satu kain yang dibuat dengan teknik sirang atau jelujur menghiasi media sosial. 

Pesanan pun berdatangan. Rasanya senang sekali karena saya bisa bekerja sama dengan pengrajin kain. Tidak berhenti di situ, kerja sama pun dilakukan dengan para pengrajin anyaman purun. 

Keunikan tas yang dibuat serta motif etniknya membuatnya terlihat menarik. Permintaan pun datang. Pemesannya berasal dari Pulau Sumatera. Kolaborasi yang terjalin benar-benar membuat saya gembira. Setidaknya saya bisa membangun jaringan agar bisa berkembang bersama. Kolaborasi itu memang menyenangkan. 

IndiHome On Fiber 

Tidak salah kalau saya merasa keadaan saat ini tidak melulu harus disikapi dengan kesedihan. Selalu ada harapan dan kegembiraan juga cuan untuk mereka yang mau berusaha. Apalagi jaringan internet semakin mumpuni. 

Layanan indihome
Layanan IndiHome


IndiHome on fiber merupakan sahabat dan bagian hidup yang mendukung perkembangan dunia kreatif, termasuk bagi pengrajin sekaligus penjual barang kerajinan seperti saya. 

Layanan yang diberikan IndiHome benar-benar lengkap karena menyediakan layanan internet triple play yang terdiri dari telepon rumah, internet cepat on fiber dan TV interaktif. 

Saya juga bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan, mau paket internet dengan telepon atau paket internet dengan TV. Meski tinggal di Borneo, jaringan di sini oke punya. 

Membuktikan bahwa jangkauan pelayanan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, ayo berdayakan diri dan masyarakat dengan dukungan IndiHome yang terus berinovasi untuk kebutuhan internet yang lebih baik.

Komentar