Konsultasi psikolog online bantu mengenali masalah kesehatan mental

PT. Kehamilan Sehat Sejahtera Gaungkan Literasi Kehamilan Untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu dan Janin

Sembilan bulan masa kehamilan merupakan saat yang tidak mudah bagi seorang perempuan. Perlu dukungan dari orang-orang terdekat agar calon ibu siap secara mental dan raga. Literasi mengenai kehamilan perlu diketahui untuk meningkatkan kesehatan ibu dan janin. Ibu yang bahagia akan membuat janin bahagia.

Kehamilan sehat sejahtera


Wajah perempuan itu begitu sumringah ketika mengetahui dirinya mengandung. Senyumnya tak pernah lepas. Sesekali ia mengelus perutnya yang masih rata. Kabar itu pun disambut hangat oleh seluruh keluarga dekat. Mereka bersiap menyambut kedatangan seorang anak, seakan-akan anak itu akan hadir esok hari.

Sejak saat itu, hari-hari yang dilalui calon ibu seakan berubah. Beberapa gejala khas yang terjadi saat kehamilan mulai dirasakan. Muntah dan mual di pagi hari membuatnya kepayahan. Belum lagi indra penciuman menjadi lebih sensitif sehingga membuatnya seperti mampu mencium bau dari jarak jauh.

Beruntung pasangannya memaklumi perubahan yang terjadi. Dengan penuh kesabaran, calon ayah yang berbahagia itu mendampingi dan memberikan dukungan agar emosi calon ibu tidak memburuk.

Namun, tidak semua calon ibu atau ibu yang tengah mengandung mendapatkan dukungan. Berbagai kendala menjadi penyebab sehingga ada kalanya calon ibu tidak dapat memeriksakan kehamilannya ke fasilitas kesehatan. Padahal pertumbuhan janin tidak dapat diketahui tanpa dukungan tenaga medis dan peralatan yang memadai.

Hal ini disampaikan oleh Agus Jatmika Soegiarto dalam kegiatan webinar yang diadakan oleh Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN). “Kehamilan itu sesuatu yang tidak kasat mata karena tidak dapat dilihat langsung oleh mata manusia. Mencari tahu melalui internet juga bukan solusi karena kondisi setiap orang berbeda. Paling tepat adalah memeriksakan diri ke bidan atau fasilitas kesehatan lainnya,” tegas Agus.

Tips Kehamilan Sehat

Memeriksakan diri merupakan upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan kehamilan. Tujuannya untuk mengetahui tumbuh kembang janin dan kesehatan calon ibu. Pemeriksaan ini dapat dilakukan pada bidan, puskesmas, atau fasilitas kesehatan lain seperti klinik kesehatan serta rumah sakit.

Agus jatmiko soegiarto
Agus Jatmika Soegiarto selaku CEO PT. Kehamilan Sehat Sejahtera


“Menurut WHO dan Kemenkes, sebaiknya seorang ibu yang tengah mengandung melakukan pemeriksaan minimal empat kali selama kehamilan. Satu kali di trimester awal kehamilan. Satu kali di trimester kedua masa kehamilan dan dua kali di trimester terakhir kehamilan,” imbuh Agus yang pernah menjadi medical representative.

Selain itu ada beberapa tips kehamilan sehat yang bisa dilakukan untuk mencapai kehamilan sehat, diantaranya:

1.      Menjaga asupan nutrisi

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil setidaknya mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan berbagai mineral penting lain seperti asam folat, kalsium, dan zat besi. Seluruh nutrisi dapat diperoleh dari berbagai sumber bahan pangan dan vitamin yang diberikan oleh bidan atau dokter. Patut diingat untuk memasak bahan makanan dengan baik agar terhindar dari bakteri atau zat berbahaya lain yang bisa membahayakan janin.

2.      Olahraga

Olahraga dilakukan untuk membangun kekuatan dan daya tahan tubuh, memudahkan tubuh kembali ke bentuk semula setelah melahirkan, meningkatkan sirkulasi darah, mencegah atau meringankan sakit dan nyeri selama kehamilan berlangsung, dan mengurangi stress.

3.      Beristirahat

Perubahan kadar hormon membuat ibu hamil merasa mudah lelah. Beristirahatlah agar tubuh tidak kelelahan,

4.      Jangan merokok dan hindari asap rokok.

Merokok dapat meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, berat badan lahir bayi rendah, cacat lahir, dan sindrom kematian bayi mendadak, risiko bayi meninggal saat lahir, kehamilan etopik, dan solusio plasenta.

5.      Jaga kesehatan mental

Kesehatan mental penting untuk dijaga agar janin dalam kandungan dapat tumbuh secara optimal. Cara yang bisa dilakukan bermacam-macam sesuai kesukaan calon ibu, contohnya mendengarkan lagu atau musik.

 

Tips Saat Hamil

Menjalani masa kehamilan dengan baik akan memengaruhi proses persalinan. Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin dapat melakukan beberapa tip saat hamil berikut ini:

1.      Tetap melakukan rutinitas seperti biasa sehingga tubuh tetap bergerak dan aktif. Hal ini bermanfaat ketika menjalani proses persalinan.

2.      Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar janin memperoleh asupan nutrisi yang mendukung tumbuh kembangnya.

3.      Minum air putih dalam jumlah cukup agar badan tidak merasa lemas dan janin sehat.

4.      Lakukan olahraga sesuai kondisi ibu. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat agar tidak menganggu kesehatan ibu dan janin.

5.      Cukup tidur, setidaknya ibu hamil tidur 8 jam selama malam hari dan 1 hingga 2 jam pada siang hari.

6.      Jaga kebersihan tubuh dengan mandi secara teratur.

7.      Rileksasi dan mengelola stress diperlukan agar janin dapat berkembang dengan baik. Caranya melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan dan membuat bahagia, serta berpikir positif.

PT. Kehamilan Sehat Sejahtera

Berbicara mengenai kehamilan, membuat Agus Jatmika Soegiarto teringat akan masa lalu. Pekerjaannya sebagai medical representative membuatnya kenal dan dekat dengan beberapa dokter kandungan. Agus mengamati bahwa para dokter dalam memberikan layanan kesehatan memandangnya dari sisi medis.

Salah satu ruang rawat di klinik kehamilan sehat
Fasilitas ruang rawat di Klinik Kehamilan Sehat


“Layanan itu akan berkembang apabila dikelola dengan baik. Dalam arti medis beriringan dengan bisnis,” kata CEO PT. Kehamilan SehatSejahtera.

Ada dua alasan yang dikemukakan mengenai hal tersebut yaitu klinik atau layanan yang diberikan bisa berkelanjutan dan bisa diduplikasi di tempat lain.

Bekerjasama dengan beberapa dokter, Agus mendirikan klinik kesehatan di bawah bendera PT. Kehamilan Sehat Sejahtera pada tahun 2016. Kini, klinik kehamilan sehat telah tersebar di 15 lokasi yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Tangerang, Bekasi, dan Palembang.

Meski demikian, pelayanan yang diberikan di setiap klinik mengikuti standar yang ditetapkan yaitu:

  •  Pelayanan profesional dan berkualitas tinggi
  •  Tenaga medis tersertifikasi dan berpengalaman
  • Jaminan keamanan dengan sarana dan prasarana yang bersih dan steril

Pelayanan Klinik Kehamilan Sehat

Menekuni bisnis dibidang kesehatan, khususnya kehamilan tentu mengedepankan layanan kesehatan berkualitas. Ada enam layanan yang tersedia di Klinik Kehamilan Sehat yaitu:

1.      Persalinan Normal

Proses persalinan normal yang didukung oleh tenaga medis dan ruang bersalin yang nyaman. Proses persalinan normal menjadi prioritas utama karena proses pemulihan kesehatan berlangsung cepat dan menimimalkan trauma serta risiko terkena infeksi. Selain itu ikatan antara ibu dan bayi terjalin lebih cepat serta dapat bisa melakukan proses inisiasi menyusu dini segera setelah bayi dilahirkan. Dari sisi biaya, persalinan normal lebih terjangkau.

2.      Program Hamil

Untuk membantu pasangan merencanakan kehamilan dapat mengikuti program hamil dengan cara inseminasi. Teknik ini dilakukan dengan cara memasukkan sperma yang baik ke dalam rahim.

Tahapan untuk menjalani program hamil ini dimulai dengan pemeriksaan kesehatan organ reproduksi dan kesuburan calon orangtua. Selanjutnya akan diambil sperma segar yang akan dipertemukan dengan sel telur matang dengan bantuan alat. Pembuahan yang terjadi seperti kehamilan normal.

3.      Senam Hamil

Senam hamil yang dilakukan secara individu dan pasangan untuk memudahkan persalinan dan menjaga kesehatan ibu dan janin. Senam hamil yang dilakukan bersama pasangan dapat meningkatkan ikatan batin antara calon ayah dan janin, serta menimbulkan rasa tenang pada ibu hamil.

4.      Pemeriksaan Kehamilan

Proses pemeriksaan kehamilan di Klinik Kehamilan Sehat memiliki keunggulan berupa:

-          Konsultasi atau pemeriksaan kehamilan dilakukan oleh dokter yang telah memiliki sertifikat

-          Pelayanan USG 2D dan USG 4D.

-          Harga pemeriksaan kehamilan yang kompetitif

5.      Farmasi dan Laboratorium

Sarana farmasi dan laboratorium yang tersedia di Klinik Kehamilan Sehat dapat dilakukan untuk

-          Melakukan pengecekan laboratorium dengan hasil cepat dan akurat

-          Layanan vaksinasi dengan dokter spesialis anak bersertifikat

-          Menyediakan obat dan vitamin yang lengkap untuk pasien

6.      Pemasangan IUD

Adakalanya pasangan menunda kehamilan karena berbagai alasan. Untuk mencegah kehamilan dapat dilakukan pemasangan IUD. Klinik Kehamilan Sehat menyediakan layanan untuk pemasangan IUD dengan keunggulan berupa:

-          Terjamin dengan alat yang steril

-          Prosedur yang aman, dilakukan langsung oleh Dokter Sp.OG

-          Pemasangan tepat dengan USG sebelum dan sesudah dipasang.

Layanan usg 4d di klinik kehamilan sehat

Stunting dan Pemeriksaan Kehamilan


Dari enam layanan yang ada di Klinik Kehamilan Sehat, layanan pemeriksaan kehamilan mendapat perhatian karena angka stunting di Indonesia memprihatinkan.

Menurut data Kementrian Kesehatan, prevelensi stunting Indonesia berdasarkan hasil pemantauan status gizi (PSG) 2016 mencapai 27.5 persen. Menurut WHO masalah kesehatan masyarakat dapat dianggap kronis bila prevelensi stunting lebih dari 20 persen.

Pemeriksaan kehamilan dapat membantu menekan angka stuning. Hal ini dikarenakan saat pemeriksaan, bukan hanya kondisi ibu yang diperiksa, kondisi janis pun mendapat perhatian. Tentunya dengan bantuan peralatan USG.

Pemakaian peralatan USG membantu tenaga medis mengetahui kondisi janin, baik berat badan, panjang janin, dan detak jantung. Apabila diperkirakan ada hal yang dapat berpotensi menganggu kesehatan bayi, tenaga medis dapat mengambil tindakan awal agar hal tersebut tidak berdampak pada perkembangan janin.

Terobosan Baru

Berkembangnya jaringan Klinik Kehamilan Sehat dan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan yang diberikan memberi efek positif. Setidaknya ada 200.000 pasien yang terdaftar di 15 cabang Klinik Kehamilan Sehat.

Untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, PT. Kehamilan Sehat Sejahtera melakukan terobosan baru dengan membuat aplikasi layanan untuk pasien. “Aplikasi ini dibuat agar pasien lebih mudah melakukan pendaftaran dan tahu urutan periksanya. Dengan demikian pasien tidak perlu capek-capek datang untuk mendaftar,” ujar Agus Jatmika Soegiarto.

Aplikasi ini ibarat buku catatan periksa yang dibawa oleh pasien setiap kali berkunjung. Bedanya catatan tersebut berbentuk digital sehingga dapat di akses dengan mudah dan cepat.

Keunggulan lainnya, dalam aplikasi tersimpan rekam medis elektronik yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Hal ini sangat membantu jika sewaktu-waktu ibu hamil mengalami kejadian darurat yang memerlukan pelayanan cepat. Dengan mengetahui riwayat pemeriksaan, dokter atau tenaga medis dapat melakukan tindakan yang sesuai dengan cepat. Dengan demikian tujuan yang diharapkan yaitu kesehatan ibu dan janin dapat tercapai. Ibu dan bayi dalam keadaan sehat.

 

Komentar