Konsultasi psikolog online bantu mengenali masalah kesehatan mental

Terus Berinovasi untuk Menjawab Kebutuhan Energi Bangsa




Salah satu kebutuhan masyarakat saat ini adalah kebutuhan internet. Setiap tahun penggunanya semakin meningkat. Tahun 2021 pengguna internet di Indonesia meningkat 11 persen dari tahun sebelumnya, yaitu dari 175,4 juta menjadi 202,6 juta. Peningkatan ini tentu perlu diimbangi dengan dukungan jaringan yang mumpuni. Telkom Indonesia hadir untuk memenuhi kebutuhan energi bangsa.

Sebagai salah seorang pengguna internet, saya merasa mendapat manfaat besar dengan kemajuan teknologi saat ini. Kemudahan mengakses informasi dari mana pun saya berada membuat aktivitas pekerjaan menjadi lebih mudah. Komunikasi dengan anak, keluarga, teman, dan rekan kerja menjadi menyenangkan. Tidak salah jika saya mengatakan teknologi komunikasi saat ini bisa mendekatkan yang jauh.

Kebutuhan jaringan internet sangat lekat. Khususnya bagi saya yang setiap hari mengakses laporan pekerjaan dengan internet dari mana saja. Terkadang dari perkampungan di ujung kota, di dekat persawahan, hingga area tengah kota.

Untuk mendukung aktivitas kerja yang berpindah-pindah saya membutuhkan jaringan internet yang baik. Kartu telkomsel yang bersemayam di badan telepon gengam benar-benar membantu dalam menjalankan pekerjaan. Kualitas jaringannya mumpuni meski saya tengah berada di area persawahan.

57 tahun berkarya

Jika saya baru merasakan manfaat dari pemakaian kartu Telkomsel selama 10 tahun, manfaat lebih banyak telah diberikan PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kepada masyarakat Indonesia. Selama 57 tahun berkiprah melayani masyarakat, Telkom terus mengembangkan diri. Inovasi yang terus menerus dilakukan menjadikannya penyedia jasa dan jaringan komunikasi serta data terbesar di Indonesia.

Saat ini perusahaan yang berdiri tahun 1965 ini memiliki beberapa anak perusahaan, antara lain Telkomsel, Mitratel, Infomedia Nusantara, Telin, Telkomsigma, Telkom Metra, Telkom Akses, dan IndiHome. Seluruh anak perusahaan ini bergabung dalam Telkom Group.

Tentang Telkom Group

PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mayoritas sahamnya dipegang Pemerintah Republik Indonesia. BUMN ini bergerak dibidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi dan jaringan telekomunikasi.

Telkom Group menyediakan layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk layanan berbasis server dan cloud, layanan e-Payment dan enabler IT, e-Commerce dan layanan portal lainnya.

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa telekomunikasi, Telkom Group tidak pernah berhenti bertransformasi demi kepuasan pelanggan. Ya, bagi Telkom Group, pelanggan adalah raja.

Dukung Operasional Perusahaan

Bicara tentang pelanggan, Telkom Group tidak hanya melayani masyarakat tapi juga perusahaan yang memerlukan layangan digital. Tidak main-main, sejak tahun lalu Telkom Group telah meluncurkan layanan Internet of Things (IoT) bernama Energy Visibility Solution (Envion). Layanan berbasis artificial intelligence (AI) mampu mengoptimasi sistem manajemen energi.

Teknologi ini dapat di adaptasi oleh berbagai perusahaan yang sangat bergantung pada pasokan listrik. Insiden matinya atau kerusakan genset atau cadangan baterai tak berfungsi hingga membengkaknya tagihan listrik dapat terhindarkan.

Telkom dan Migas

Masih berkaitan dengan layanan digital untuk perusahaan, baru-baru ini Telkom dengan BPH Migas menjalin kerjasama dalam bidang digital. Kehadiran teknologi ini membantu pengawasan dan pengaturan terhadap penyediaan dan distribusi BBM dan Gas Bumi sehingga tepat sasaran.

Keberhasilan Telkom dalam menuntaskan program digitalisasi di 5.518 SPBU di seluruh Indonesia terbukti memudahkan pemantauan stok dan penjualan BBM, transaksi pembayaran serta pengelolaan BBM bersubsidi.

Data yang terekam selanjutnya akan tersimpan pada layanan big data dan bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan solusi data yang komprehensif. Selanjutnya bisa digunakan oleh para pemangku kebijakan untuk menyiapkan strategi pemenuhan BBM dan Gas Bumi bagi masyarakat.

Internet Untuk Masyarakat

Bagaimana dengan pelanggan internet perorangan? Tentu Telkom Group tidak menutup mata dalam mengembangkan layanan agar dapat memenuhi kebutuhan energi bangsa. Berbicara mengenai layanan internet, tentu tidak lepas dari keberadaan IndiHome. Salah satu bagian dari Telkom Group, IndiHome berkonsentrasi pada layanan digital untuk internet rumah, telepon rumah, dan TV interaktif.

Internet dari indihome telkom


Jika boleh saya katakan, Telkomsel merupakan penyedia jaringan internet yang bisa diakses dari mana saja, maka IndiHome merupakan internet provider untuk kebutuhan rumah atau usaha. Keduanya saling mendukung dalam memajukan internet cepat di Indonesia dan memenuhi kebutuhan energi bangsa.

Di lingkungan tempat tinggal saya, hampir semua merupakan pelanggan IndiHome. Sangat mudah mengetahui siapa saja pelanggan internet provider ini dari jaringan kabel hitam kecil yang berada di depan rumah.

Secara berkala kondisi jaringan diperiksa oleh petugas. Mereka dengan sigap mengatasi masalah jaringan yang di alami pelanggan. Pelayanan ini tentu mendapat apresiasi dari warga.

Dukungan Tanpa Batas

Tidak bisa dipungkiri internet sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Saya tidak bisa membayangkan andaikan pekerjaan saat ini tidak didukung oleh jaringan internet. Semua laporan harus diketik dan foto harus dicetak, kemudian dikirim ke kantor pusat. Tentu memerlukan waktu, sementara data harus segera di akses.

Belum lagi jika kegiatan pelatihan harus diadakan secara langsung. Bukan saya tidak suka bertemu dengan teman-teman, namun membayangkan perjalanan yang harus ditempuh menuju lokasi pelatihan sangat melelahkan. Mungkin saya sudah begitu nyaman bekerja dari rumah dan lokasi lain. Tinggal klik, seluruh laporan sudah terkirim.

Saya rasa, tidak hanya saya yang menyukai sistem bekerja jarak jauh. Model pekerjaan seperti ini tentu membutuhkan energi besar dalam pengadaan jaringan. Dan, ini dijawab oleh IndiHome  dengan menyediakan internet cepat dengan konektivitas mencapai 100 Mbps. Ada beberapa paket layanan yang dibuat sesuai kebutuhan pelanggan. Paket tersebut adalah paket 20Mbps, 30 Mbps, 50 Mbps, dan 100 Mbps.

Pelayanan indihome telkom
Pemeriksaan rutin (dokumentari prinadi)


Layanan e-Payment

Sebelumnya saya sempat menyinggung salah satu layanan atau digital platform Telkom dalam bentuk e-Payment. Layanan ini dikenal dengan sebutan LinkAja!. Sebuah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan.

LinkAja! bisa digunakan untuk transaksi kebutuhan sehari-hari hingga transaksi di merchant. Dapat juga dipakai untuk transportasi seperti membayar tiket kereta api hingga investasi.

Pelanggan adalah Raja

Umumnya saat ada yang berulang tahun, dia akan mendapat banyak hadiah dari keluarga, sahabat, dan teman. Tidak demikian dengan Telkom yang merayakan ulang tahun ke 57.

Sebagai bentuk kebahagiaan, IndiHome sebagai internet provider jaringan internet untuk pelanggan rumah/usaha ikut menyemarakkan HUT PT. Telkom (Persero) Tbk dengan memberikan paket spesial program loyalty HUT Telkom Indonesia. Pelanggan akan mendapatkan cashback 57 persen jika berlangganan mitra over the top (OTT) seperti Disney+Hotstar, Vidio, dan Catchplay+. Caranya cukup melakukan pendaftaran berlangganan melalui web resmi IndiHome. Cashback senilai Rp57 ribu saldo LinkAja! juga bisa diperoleh pelanggan yang meng-upgrade kecepatan internetnya.

Penutup

Semakin mudahnya komunikasi dan pencarian informasi memerlukan dukungan jaringan internet cepat. Telkom Group selaku perusahaan jasa layanan teknologi informasi, komunikasi, dan jaringan telekomunikasi di Indonesia terus mengembangkan diri agar bisa memenuhi kebutuhan energi bangsa.

Pengembangan yang dilakukan dalam bidang layanan Internet of Things (IoT) bernama Energy Visibility Solution (Envion). Layanan berbasis artificial intelligence (AI) mampu mengoptimasi sistem manajemen energi.

Peningkatan jaringan ke rumah pelanggan pun tak luput dari perhatian. Jaringan optik IndiHome membuat internet cepat bukan lagi impian. Ditunjang kecepatan dalam pelayanan membuat internet provider ini semakin disukai masyarakat.

Bukan tidak mungkin di masa depan, dengan semakin luasnya jaringan pelayanan, akan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

Komentar