Ketika Para Penulis Buku Anak Berkumpul Di GLN

8 Ide Konten Untuk Emak Kreator




Saat ini Hp sudah menjadi bagian hidup. Telepon kini tidak hanya untuk berkomunikasi namun juga bersosialisasi. Tidak sedikit yang memanfaatkan menjadi ajang berjualan dan berkreasi. 


Ada banyak tempat untuk menunjukan kreasi, seperti facebook, instagram, dan tiktok. Nah, menurut Kata Data, pengguna tiktok di Indonesia sangat banyak. Bahkan menduduki peringkat kedua di dunia, setelah Amerika.


Mengapa aplikasi tersebut digemari banyak orang, termasuk emak-emak? Pertama, karena aplikasinya mudah dan gratis. Kedua, kontennya beragam. Ketiga, bentuknya video pendek. Keempat, durasi videonya pendek. Kelima, aplikasinya mudah.

Jumlah pengguna tiktok di dunia (sumber: Katadata)



Dari sekadar melihat konten yang bersliweran bisa menimbulkan keinginan untuk membuat konten. Contoh sederhana, ikutan kuis, menyanyi, atau menari alias joget. 


Hal ini sah-sah saja. Siapa saja tentu boleh ikut membuat konten, termasuk emak-emak. Tapi apa tidak tertarik buat ikutan bikin konten seperti para konten kreator lainnya?


Sayangkan kalau hp hanya dipakai bertelepon, mengirim pesan, dan melihat konten. Manfaatkan untuk berbagi informasi untuk banyak orang. 


8 Ide Konten Untuk Emak


Beberapa ide-ide konten berikut ini bisa banget untuk emak-emak.

  1. Parenting

Tentu para Emak sudah memiliki pengalaman membesarkan anak-anak. Bagaimana mengasuh seorang bayi lalu bertumbuh menjadi seorang anak yang beranjak besar menjadi dewasa. Selama menjalani proses tersebut apa saja kendala dan trik mengatasinya. 

Pengalaman tersebut akan sangat membantu para orangtua muda yang membutuhkan informasi dalam membesarkan anak. 

  1. Memasak

Meski sudah menjadi bagian kehidupan, terkadang memasak membuat seseorang kebingunan, terutama dalam menyiapkan menu. 

Emak bisa membuat konten mengenai kegiatan masak dari masakan yang dibuat untuk keluarga. 

  1. Gaya hidup sehat

Bagikan kebiasaan gaya hidup sehat yang Emak jalani untuk menginspirasi banyak orang. 

Bagaimana mengatur makanan yang baik dan memberi manfaat untuk tubuh. Cara memilih bahan makanan yang sehat dan baik untuk tubuh. 

  1. Memelihara tanaman

Berkebun dapat menjadi kegiatan yang mengasyikan. Berbagi informasi mengenai tanaman yang ada di rumah, cara perawatan, dan bagaimana membuatnya tumbuh dan berkembang tentu sangat menyenangkan. 

Perlihatkan bagaimana proses perawatan tanaman setiap hari. 

  1. Hobi

Menjahit, memelihara binatang, merajut, bahkan berkendara merupakan hobi seseorang yang dapat membuat orang lain tertarik. 

Mengunggah cara pemilihan material, membuat barang, dan memperlihatkan hasilnya akan sangat membantu orang yang memiliki hobi serupa atau justru hobinya berbeda tetapi tertarik dengan proses yang Emak jalani.

  1. Dekorasi rumah

Menata rumah bisa menjadi salah satu konten yang menarik. Bagaimana sebuah ruamh berubah karena pemberian hiasan atau menggeser barang–barang di dalam rumah.

Trik dan tips menata ruangan juga bisa membantu mendapatkan ruangan dan rumah yang nyaman untuk ditempati.

  1. DIY

Suka mengutak-atik sesuatu atau membuat barang baru dari barang lama bisa loh membuat konten DIY.

Perlihatkan proses pembuatan hingga hasil jadinya akan menarik dan membantu orang yang ingin melakukan hal yang sama.

  1. Jualan

Kalau yang ini sudah jelas arah dan tujuannya untuk berjualan. Barang atau benda yang mau dijual bisa dibuat sendiri atau mengambil dari pedagang lain. 


Berkonten Ria 


Aktivitas berkonten ria tidak hanya memberi keuntungan untuk para pemirsa karena mendapatkan beragam informasi. Berkonten ria juga memberi manfaat untuk para emak karena bisa berkreasi dalam hal positif, rasa percaya diri yang meningkat, dan keuntungan dalam bentuk lainnya.

Agar bisa berkonten ria, tentu saja para konten kreator membutuhkan dukungan internet provider yang mumpuni. IndiHome dari Telkom Indonesia menjadi jawaban yang tepat.

Jaringan IndiHome tersebar di seluruh Nusantara. Sehingga memudahkan dalam melakukan aktivitas di dunia maya.

Beragam paket juga tersedia, mau yang kecepatan 30Mbps atau 50Mbps, tinggal menyesuaikan dengan keperluan para emak kreator.


Dari Rumah Saja


Telkom Indonesia sebagai penyedia jasa internet provider mengerti betapa sibuknya para emak kreator dalam proses kreatifnya. Oleh karena itu dihadirkanlah aplikasi MyIndiHome. Melalui aplikasi ini para emak kreator bisa mengubah paket IndiHome dengan mudah, menambah add-on juga bisa, dan bisa mengetahui jumlah pembayaran paket internet providernya tanpa repot-repot keluar rumah. 

Termasuk juga urusan bayar tagihan IndiHome, juga bisa dilakukan sambil rebahan. Jadi urusan bikin konten bisa jalan terus. 


Sumber data:

Kata data

Www.indihome.co.id


Komentar