Ada Apa di Kota Serang?

Mudahnya Cek In Online pada Maskapai Lion Air

 

Bandara syamsudin noor (dok. Pribadi)

"Buka saja web-nya, lalu cek in mandiri sesuai maskapai yang akan digunakan," begitu kata petugas yang berjaga di konter penerimaan bagasi. 

Pengalaman kenangan saat akan terbang ke Jakarta, membuat saya sadar kalau dunia penerbangan sudah berubah. Lebih efisien dan efektif. 

Sebenarnya prosedur cek in mandiri bukan hal baru, dulu sebelum pandemi saya pernah melakukan cek in mandiri melalui website maskapai. 

Waktu berganti, proses cek in mengalami perubahan. Entah mengapa saya memilih melakukan cek in mandiri di anjungan yang ada di bandara. Sekalian mencetak boarding pass, begitu alasan saya pada diri sendiri.

Sekarang, kebiasan mendatangi anjungan cek in mandiri untuk mencetak boarding pass masih berlaku. Hanya, terlebih dahulu melakukan cek in online melalui website. Tujuannya agar lebih praktis, begitu perkiraan saya.

Lantas apakah proses cek in online bisa dilakukan sendiri? Tentu saja. Walaupun, jika mengalami kesulitan tetap dapat meminta bantuan pada petugas, terutama jika baru pertama kali melakukan aktivitas ini.

Berbekal pengalaman melakukan cek in mandiri, saya akan menjelaskan urutan proses tersebut. Berikut langkah-langkah:

1. Buka e-tiket yang dikirimkan oleh aplikasi pemesanan tiket atau travel. Lihat kode booking yang tertera. Umumnya kode terdiri dari susunan huruf kapital. 

Web cek in 


2. Buka website cek in online milik maskapai Lion atau klik linklink berikut. Kalau bingung bisa mencari melalui google dengan kata kunci lion cek-in.

Pilih sesuai maskapai yang digunakan


3. Pilih maskapai yang digunakan, karena saya memanfaatkan jasa super jet air, maka saya mengklik super jet air.

4. Akan tampak sebuah layar yang harus diisi. Masukan kode pemesanan pada bagian kode booking/kode pemesanan. Lalu isi nama belakang pemesan. Kemudian klik pencarian data. 




Pastikan data sudah benar


5. Beberapa menit kemudian akan muncul itinerary atau pesanan. Pastikan data yang tercantum sudah benar ya. 

6. Akan muncul keterangan tentang barang berbahaya yang tidak boleh dibawa. Klik bagian persetujuan.



7. Setelah itu akan tampil layar untuk menentukan tempat duduk. Kursi yang berwarna hijau menandakan kursi tersebut belum diduduki sehingga bisa dipilih. 



8. Dengan memilih tempat duduk maka proses cek in selesai dilakukan dan akan mendapatkan tiket digital.

Selanjutnya para penumpang mempunyai dua pilihan, menggunakan langsung tiket digital atau mencetaknya di anjungan cetak tiket mandiri.

Saya memilih mencetak tiket di anjungan agar mudah membuat laporan perjalanan. Untuk mencetak tiket mudah saja, cukup mendatangi anjungan lalu memilih maskapai penerbangan. Isi kode booking pesawat lalu klik ketentuan tentang benda yang dilarang dibawa masuk ke dalam pesawat. Setelah itu cetak tiket. 

Selanjutnya tinggal menunggu pesawat sesuai tempat/gerbang yang ada di tiket. 











Komentar