Perkedel tahu, olahan tahuku

Tahu. Ya, bahan makanan ini cukup saya gemari. Mungkin orang lain juga suka. Kalau nggak varian tahu di negeri ini tentu tidak akan sebanyak seperti sekarang. Nggak percaya, coba ke pasar, pasti akan menemukan tahu putih, tahu cokelat atau tahu goreng, tahu cina yang kuning tipis, tahu sumedang dengan bagian dalam kosong, dan tahu isi yang bikin kenyang.

Dari semua jenis tahu, tidak ada yang tidak saya suka. Hahahaha, bukannya kalap, tapi tahu memang enak diolah jadi apa saja. Kayak perkedel, olahan tahuku yang terbaru.

Perkedel tahu
Perkedel tahu, olahan tahuku (dok. Pribadi)

Sebelumnya sudah pernah bikin tahu goreng biasa (buat dicocol sambal enak lho), tahu isi sayuran, tahu isi siomay, tumis tahu, asinan dikasih tahu juga pernah dan enak lho. Oh, ya kadang suka bikin sop tahu juga kalau udara lagi dingin.

Nah karena ingin mencoba olahan lain plus masih punya kornet, akhirnya bikinlah perkedel tahu. Proses pembuatannya miriplah sama perkedel kentang. Si tahu saya rebus dulu hingga matang. Lalu si tahu ini saya tiriskan dengan cara diperas pakai kain.

Akibatnya rupa si tahu akan tidak menarik dan acak-acakan. Ho..ho..ho tak apa karena memang ini yang saya mau. Nantinya tahu akan dihancurkan bersama bumbu. Proses ini bisa sih dilakukan dengan bantuan garpu, namun kurang mengena, makanya ngadonnya pakai....jari-jari tangan, sekalian latihan mengguatkan otot tangan (alasan).

Selama proses penghancuran, saya tambahkan kornet dan bumbunya. Ayo, semua bersatu padu, jangan sampai tercerai berai. Hmm, kenapa masih agak musuhan ya? Oh ya ampun! Maafkan! Saya lupa memanggil tepung terigu. Mari...mari...temui kawanmu. Sip, akhirnya mereka bersatu padu. Siap untuk dibulatkan dan dipipihkan lalu digoreng hingga matang.

Tanpa banyak ketikan lagi, berikut resep perkedel tahu, olahan tahuku.

Perkedel tahu

Bahan:
10 buah tahu putih ukuran kecil, dicuci bersih.
50 gram kornet
Daun bawang, secukupnya
1 sdm tepung terigu
1 butir telur, dikocok lepas
Minyak untuk menggoreng

Bumbu, dihaluskan
4 buah bawang merah
1 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/2 sdt garam
1/2 sdt lada

Cara membuat:
1. Rebus tahu hingga matang. Angkat biarkan dingin. Peras untuk mengurangi airnya.
2. Satukan tahu, kornet, bumbu halus, dan daun bawang. Aduk rata dengan tangan sambil menghancurkan tahu yang masih berukuran besar.
3. Beri tepung terigu lalu aduk rata. Ambil sesendok adonan, bulatkan dan pipihkan. Lakukan sampai adonan habis.
4. Panaskan minyak goreng. Masukkan perkedel ke kocokan telur. Goreng hingga kuning keemasan. Sajikan.

Tentang tahu

Dilansir dari wikipedia, tahu diketahui berasal dari Cina. Dibuat dari kacang kedelai yang dihancurkan. Hasil olahan inilah yang dibuat menjadi tahu.

Jepang ternyata juga memiliki tahu yang disebut tofu. Teksturnya sangat halus dan lembut karena itu dikenal juga sebagai tahu sutera. Saking lembutnya, tofu sulit digoreng begitu saja, perlu dilapisi telur atau tepung jika ingin menggorengnya kalau tak mau tofu hancur berkeping-keping.

Di Indonesia, jenis tahu sangat beragam. Ada tahu takwa khas kediri yang berwarna kuning. Lalu tahu sumedang yang berwarna cokelat dengan bagian dalam kosong namun bisa membuat saya tak berhenti makan. Ada juga tahu sekumpul buatan warga Banjar. Berwarna putih dengan tekstur kenyal. Lalu tahu goreng berwarna cokelat yang cocok banget dijadikan tahu goreng. Inilah jenis tahu yang saya tau, teman-teman bisa menambahkannya jika mengetahui jenis tahu lainnya.


Komentar

  1. Aku biasanya kalau bikin perkedel tahu ditambahin udang :) enak banget terasa hhhmmm. Jangan lupa kasih potongan cabai rawit orens di dalamnya kayak ranjau gitu hehehe. Asik kan pas ngunyah eh tau2 pedas.

    BalasHapus
  2. Pas bgt, ada tstok tahu di kulkas 😊

    BalasHapus
  3. Aku sering bikin ini mba, biasanya Kalo lagi rajin aku tambahin keju ditengah jadi pas dimakan keju nya meleleh hhi

    BalasHapus
  4. terimakasih sharing resep nya mba..... baru tahu ternyata trik nya diperas Tahu nya supaya airnya berkurang, saya ga pernah diperas, makanya rada gagal gitu perkedel Tahu nya.

    BalasHapus
  5. Iya aku jua baru tau klo tahu diperas. Jd airnya habis hehehe.. Dulu sering bikin ini
    Pakai kornet enak lg pastinya

    BalasHapus
  6. Ok fix nanti mau coba bikin juga ah soalnya udah bosan sama perkedel biasa hhi

    BalasHapus
  7. aku juga suka banget sama tahu, tapi sering beli males bikin. wwkwkwk tapi resep nya cocok nih supaya gak bosen makan tahu.

    BalasHapus
  8. Aku dong sangat suka sama makanan dari bahan tahu mbak. Tapi masalahnya, malas masak. Wkwk.. jujur akutu mbak. But, nanti kalau udah ada yang nyemangatin masak, bolehlah tulisan ini jadi referensiku ya mbak. hehe

    BalasHapus
  9. Wah, Mbak Utari ternyata kg suka masak dan menulis resep ya. Keren. Kreatif nih resepnya, jd bikin olahan tahu tdk membosankan.

    BalasHapus
  10. Aku juga dulu lumayan sering, mbak bikin perkedel tahu begini karena kurang doyan tahu polosan. Tapi sekarang sudah jarang banget bikin karena suami nggak doyan tahu

    BalasHapus
  11. Langsung deh pingin eksekusi.. 😍😍

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon tidak membagikan tautan disini. Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sopan.