SEO, Penting Untuk Para Blogger




Sepuluh bulan sudah saya menjadi narablog. Masih pemula sekali. Perihal umur ini memang saya hitung sejak blog menggunakan domain sendiri. Ternyata banyak hal penting yang harus dipelajari, terutama SEO yang maha penting untuk para blogger.

Jika dirunut ke masa lalu. Sebelumnya saya sudah pernah menggelola blog, namun lebih banyak hilangnya ketimbang timbulnya. Alasannya sangat klasik, repot dengan pekerjaan. Akhirnya blog itu pun hilang tertelan awan.

Geliat penulisan di blog kembali terbangkitkan ketika saya dibanjiri waktu luang. Secara bersamaan, akses internet semakin mudah. Tidak lagi terganggu sinyal radar dari Bandar udara.

Ajakan beberapa teman untuk kembali menulis juga menjadi pemantik semangat. Saya pun menjawabnya dengan menggibarkan sebuah bendera. Kali ini atas nama saya. 

SEO untuk blog dan website
SEO untuk blog

Urusan menulis rasanya tidak menjadi kendala. Ada hal lain yang justru baru saya ketahui, yaitu SEO. Maklum, saya termasuk orang yang menulis lalu unggah. Tidak memikirkan posisi blog di mesin pencari. Padahal bisa saja informasi yang saya tulis diminati banyak orang.

perayapan oleh mesin pencari
Perayapan yang dilakukan mesin pencari

Bersyukur saya mendapat pencerahan dengan mengikuti kelas singkat mengenal SEO bersama Bang Jimmy. Kegiatan ini digagas oleh Female Blogger Banjarmasin. Rupanya inilah salah satu alat pertarungan di dunia maya.

Sebelum tiba di kelas, saya punya setumpuk pertanyaan. SEO itu apa sih? Kenapa SEO penting? Bagaimana mengoptimalkan SEO?

Inilah jawaban dari pertanyaan tersebut.

SEO itu apa sih?

Menurut Bang Jimmy, jumlah pengguna internet setiap tahun selalu bertambah. Mereka menggunakannya untuk berbagai keperluan. Terutama mencari informasi yang dibutuhkan.

Kegiatan berselancar ini semakin mendapat kemudahan dengan hadirnya berbagai telepon gengam canggih. Seketika dunia berada dalam gengaman tangan. Tidak perlu lagi repot bertanya, cukup klik, beragam informasi langsung tersedia.

Nah, posisi artikel pada laman mesin pencari menjadi krusial. Artikel yang berada di halaman depan dan teratas mempunyai kemungkinan paling besar untuk dibaca. Disinilah SEO diperlukan.

SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Sederhananya, SEO merupakan upaya yang dilakukan oleh pemilik blog atau website untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang berasal dari mesin pencari atau search engine.

Kenapa SEO Penting

Nantinya mesin pencari akan melakukan pencarian dengan merayapi jalur-jalur tak kasat mata atau disebut dengan crawling. Menganalisa setiap konten yang terdapat pada suatu blog atau website. Data ini akan tersimpan untuk memudahkan calon pengguna mendapatkan informasi.

Penting untuk tidak membuat mesin pencari pusing kepala karena nama blog atau website kelewat unik. Buatlah nama sederhana tanpa embel-embel ikon tertentu (seperti #,%) agar mudah diingat.

Perhatikan pula untuk mendaftarkan blog atau website ke Google Search Console. Kirimkan juga sitemap agar mesin pencari semakin mudah menemukan blog. Dan, saya baru sadar kalau blog tidak terindek.

Hal ini saya ketahui ketika membuka Google Search Console dan mendapati grafik lurus saja. Sama sekali tidak ada detak jantungnya. Agak kaget juga, karena sebelumnya grafik menunjukkan kehidupan. Mirip seperti alat petunjuk detak jantung di rumah sakit itu.

Rupanya, saya belum melakukan canonical. Pantas saja kalau mesin pencari mengira ada duplikasi konten pada blog saya. Akhirnya perbaiki dulu bagian ini. Tara, grafik mulai berdenyut kembali.

Memang sih agar sebuah blog bisa terindeks oleh mesin pencari memerlukan kerja keras dan kemauan kuat. Alasannya, analisa konten dan algoritma yang dibuat mesin pencari memiliki sangat banyak ketentuan.

Hal yang paling sederhana adalah penulisan kata kunci. Sayangnya, sampai saat ini belum ada ilmu bisa mengatakan kata kunci apa yang benar-benar digunakan mesin pencari.

Semua berpulang pada kemampuan narablog menetapkan kata kunci untuk memudahkan mesin pencari. Jam terbang akan sangat membantu seorang narablog menempatkan blog atau websitenya di posisi teratas mesin pencari. Intinya, jangan pernah berhenti belajar dan mencari ya.

Bagaimana Mengoptimalkan SEO

Ada 6 hal yang harus diperhatikan untuk mengoptimalkan SEO, demikian penjelasan Bang Jimmy pada seluruh peserta.

Konten

Yup, inilah nadi utama sebuah blog. Sebagus apa pun tampilan sebuah blog, akan terasa garing karena konten kurang menarik.

Persoalan menulis konten ini memang berpulang kepada para narablog. Biasanya agar lebih mudah, sebaiknya blog memiliki niche khusus, seperti kuliner, perjalanan, informasi, atau pendidikan. Pastikan konten yang dibuat tidak menyulitkan diri sendiri ya.

Saya sendiri belum menemukan niche yang tepat. Tetapi hal ini tidak menyurutkan saya untuk menjalankan blog sebab saya ingin berbagi informasi dengan pembaca.

Tetapi, meski campur aduk, isi blog selalu saya jaga. Dalam arti informasi yang saya tulis benar. Konten yang dibuat asli dan ditulis sendiri. Demikian juga dengan foto yang terpasang, sedapat mungkin berasal dari koleksi pribadi.

Search Friendly

Setelah menulis, saya selalu memastikan artikel yang telah selesai dibuat mudah dicari oleh mesin pencari. Ada sejumlah langkah yang saya lakukan, paling penting adalah mendaftarkan blog ke search console.

Ibaratnya saya punya rumah, tanpa alamat jelas mana mungkin orang bisa dengan mudah datang berkunjung. Coba kalau saya cuma bilang rumah saya dekat sekolah. Bisa dipastikan orang kesusahan menemukan alamat karena sangat tidak jelas.

Lain jika saya menyebutkan alamat dengan jelas, rumah kecil berpagar merah di gang kedua komplek auri tepat disamping pelabuhan. Kira-kira demikian ilustrasinya.

Untuk lebih memudahkan pencarian, judul artikel beserta deskripsinya harus dibuat dengan jelas. Tidak usah memakai kata yang sulit ya. Sebaiknya menggunakan kata-kata yang mudah dan tanpa tanda khusus.

Jangan sepelekan keberadaan gambar. Meski bukan tulisan, toh bisa membantu mesin pencari mengenali artikel yang dibuat. Oleh karena itu selalu tambahkan “alt” pada gambar.

Setelah semua cara diaplikasikan, kini saatnya mengikuti pedoman yang sudah digariskan di google webmaster. Jangan sampai menyalahi aturan ya, supaya tidak diberi kartu merah.

Mobile friendly

Yup, mobile friendly penting sekali. Saya sendiri termasuk orang yang segan membaca blog atau website yang tampilannya tidak mobile friendly. Capek juga memperbesar dan menggeser layar untuk membaca.

Jadi, pastikan tampilan blog atau websitenya bisa mengikuti layar gawai atau laptop pembaca. Istilah kerennya blog atau website sudah responsif. Kalau belum? Saran saya sih ganti tampilanya dengan tampilan yang sudah responsif.

blog yang mobile friendly
Tampilan blog tidak kaku

Akses cepat

Wow, siapa sih yang suka berlama-lama waktu membuka blog atau website. Kalau bisa blog langsung terbuka dalam satu detik. Waktu paling lama untuk membuka sebuah blog atau situs hanya 3 detik saja. 
Lebih lama lagi, calon pembaca akan memutar balik badan dan pergi begitu saja.

Keamanan

Dunia maya itu lebih gelap dari hutan belantara. Memperhatikan faktor keamanan jelas sangat diperlukan. Cara paling sederhana untuk mengamankan blog adalah dengan memasang Https.

Dari pelajaran yang diberikan, saya mencatat bahwa menerapkan SEO perlu didukung oleh latihan. Semakin sering berlatih, semakin mudah menebak kata kunci yang tepat agar blog berada di peringkat pertama mesin pencari. Jadi kalau boleh disimpulkan, SEO itu ibarat seni yang harus terus menerus diasah dan latihan, latihan, serta latihan. 

Peserta kelas SEO
Peserta kelas SEO bareng Bang Jimmy



Komentar


  1. Kalau tentang ilmu SEO saya tak begitu ngerti, taunya cuma bikin post publikasikan dan blog walking.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya juga belum paham benar soal SEO, masih harus berlatih lagi. Latihan. latihan, latihan.

      Hapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon tidak membagikan tautan disini. Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Postingan populer dari blog ini

Ke Banjarmasin Naik Transportasi Umum Yang Adem dan Nyaman? Ya, Pakai BRT dong.

Asyiknya Menumpang Travel ke Bandung