Mirabella Kosmetik Lipstik Untuk Tampil Menawan

CARA MUDAH BIKIN BOBA

Perkebunan semangka di depan komplek lagi panen. Wah, pas banget cuacanya lagi panas. Langsung deh beli buah semangka dari petaninya langsung.

Semangka merah dan kuningnya manis lho. Seketika separuh semangka merah lenyap tak berbekas.
Bikin boba merah
Boba merah (foto: kolelsi pribadi)

Waktu mau menyimpan sisa semangka, ternyata di kulkas ada buah pir. Namanya emak-emak, langsung berpikir buat menyatukan semuanya.

Baca juga : nestbar dari oatmeal

Biar lebih sip, campuran buah dipadukan sama @indomilk boba buatan sendiri. #ResepGakAbisAbis lahir karena emak dituntut kreatifkan. Yang pasti hasilnya dijamin @yummy.idn deh.

Ini dia resep es buah campur indomilk boba yummy.

Es Buah Campur Indomilk Boba Yummy

Bahan:
Boba
4 sdm tepung tapioka
1 bungkus agar-agar putih (plain)
2 sdm susu kental manis putih @indomilk
1/2 sdt garam
Pewarna makanan hitam
Air hangat secukupnya

Pelengkap:
Buah semangka merah, potong dadu
Buah semangka kuning, potong dadu
Buah pir, potong dadu
Susu kental manis putih

Cara membuat:
1. Siapkan wadah. Campur tepung tapioka, agar-agar, susu kental manis @indomilk, garam, dan pewarna makanan. Aduk dengan spatula.
2. Beri air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk.
3. Pastikan adonan kalis dan tidak lengket ditangan.
4. Siapkan wadah lalu beri tepung tapioka. Bulatkan adonan. Taruh di wadah. Lakukan sampai adonan habis.
5. Rebus air hingga mendidih. Masukkan boba dan biarkan hingga mengapung. Angkat dan masukkan ke dalam air dingin. Cuci hingga lendirnya hilang. Sisihkan.

Penyajian:
Susun potongan buah dan boba di dalam gelas atau mangkuk. Beri es batu dan susu kental manis. Sajikan.

Baca juga : bandeng selimut oatmeal

Tip:
1. Agar-agar bisa menggunakan agar-agar warna.
2. Sesuaikan pewarna makanan yang dipakai dengan agar-agar.
3. Bisa menggunakan susu kental manis cokelat.
4. Jika tidak suka dingin, bisa disajikan tanpa es.
5. Jenis buah bisa diganti dan ditambah bahan lain seperti nata decoco, cincau, dan cendol.


Nikin boba
Boba hitam (foto: koleksi pribadi)


KEUNTUNGAN BIKIN BOBA

Yup, si boba memang sederhana, ya cara tampilannya, ya cara buatnya. Beneran nggak bikinmumet pas bikin, malah gembira ria. Ini baru satu dari sekian keuntungan bikin boba sendiri. Apalagi sih keuntungannya? Nggak sabar ya! 

Oke ini dia keuntungan bikin boba sendiri
1. Lebih bersih. Sudah pasti dong namanya bikin sendiri kita pasti mengutamakan kebersihan bahan dan alat yang dipakai. Hasilnya sudah pasti lebih aman.
2. Murah karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan kalau membeli boba yang sudah jadi. 
3. Warna yang digunakan bebas. Mau bikin boba ungu, hijau, oranye, atau biru sekalipun nggak masalah. Asalkan pewarna yang dipakai merupakan pewarna makanan ya.
4. Belajar bersama anak-anak. Melibatkan anak-anak saat membuat boba sama artinya dengan belajar bersama dengan cara yang menyenangkan. Kita bisa mengajarkan soal tekstur, perubahan bentuk, dan lama waktu mematangkannya. 
5. Kreatifitas anak terasah dengan belajar membentuk boba. 
6. Mempererat hubungan antara ibu, bapak, dan anak karena sama-sama membuat boba.
7. Kerjasama. Yup, bisa juga mengajarkan soal kerjasama. Ayah menyiapkan bahan, anak-anak membentuk boba, Ibu mematangkan boba. Lalu sama-sama membersihkan dapur.

Asyikkan. Jadi yuk bikin boba sama-sama.

Komentar

  1. Ya ampun saya ngiler liatnya hehehe, saya pernah bikin boba, jadinya keras banget dong, saya save deh resep ini buat cobain bikin lagi, saya mah pecinta boba, meski sayang juga keseringan beli boba di luar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kali ini bisa coba bikin sendiri mbak. Warnanya juga bisa disesuaikan.

      Hapus
  2. Nah kali ini coba bikin lagi mbak. Mudah-mudahan nggak keras.

    BalasHapus
  3. wah aku bisa gak ay, aku suka gagal terus nih

    BalasHapus
  4. Pas sedang puasa, pas ada resep ini utk bikin bukaan ntr sore :p

    Aku jg penyuka Boba, tp blm pernah coba bikin sendiri sbnrnya. Krn jujur aja kalo bagian hrs mengadon adonan sampe Kalis, itu aku blm prnh berhasil mba wkwkwkkw. Sampe lengan berotot :(. Akhirnya aku minta asisten utk lanjutin mengadon :D.

    Tp aku ttp kepengin nyobain bikin ini sampe berhasil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang mbak, ngadon boba nggak kayak ngadoni roti kok. Jadi nggak bakal tangan berotot.

      Hapus
  5. Ihiy yang bikin boba, rajin sekali. Ku-save dulu ah, praktiknya kapan2. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung puasa coba dipraktekin mbak. Bisa buat tambahan minuman buka puasa.

      Hapus
  6. Jadi pengen bikin boba ah, hehe. Kayaknya seru nih buat buka ya

    BalasHapus
  7. boba kenyel-kenyel endeuus gitu deh di mulut jadi bikin semangat pas minum es-es gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadinya kenyang juga ya mbak hehehehe. Haus dan laparnya hilang.

      Hapus
  8. aku ada stock 1 kg boba hehehe
    tp kok rasanya kurang nendang yaaa. sama ribet ngerebusnya :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkwk buruan abisin stoknya abis itu mending bikin sendiri. Lebih sip loh.

      Hapus
  9. Asikk dapat resep baru nih nisa. Bisa dicoba bikin boba nya. Kalo buatan sendiri lebih maknyuss . Apalgi kalo dinikmatin waktu buka. Endus banget ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin ya Nis, ntar kasih tahu hasilnya kayak apa.

      Hapus
  10. Waahh... Pas banget nih resep nya buat buka puasa.. ketulan bahan2 buat bikin boba nya ada di stok dapur.... Liat fotonya siang2 ramadhan bikin nyeess g sabar nunggu buka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bahannya gampangkan. Cusss bikin boba buat buka puasa

      Hapus
  11. Wah sepertinya mudah dan aku punya semua bahannya di rumah. Pas hari ini tugas sekolah qori juga bikin takjil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana bobanya enak toh mbak? Sukses dong bikin takjilnya.

      Hapus
  12. Kok jadi pengen bikin juga sih aku nya tp mager juga tp pen coba juga karena kepo. Hehe

    BalasHapus
  13. Boba ini hive banget ya. Anakku tuh sampai rela nabung biar bisa beli boba tiap hari, kalau ibunya nggak kasih uang :)
    Resepnya ku copas ya, biar bikin boba sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hampir sama dengan anakku mbak. Makanya aku bikin boba sendiri. Lebih hemat dan sehat.

      Hapus
  14. Waw ngeliat'y kok seger banget ya? Haha. Bisa ni d coba buat penggemar boba2an, kalau saya jujur jaraaang banget minum2an boba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bobanya bisa dikreasikan dengan minuman atau puding mbak

      Hapus
  15. Wah makasih resepnya, enak kayaknya tapi ga ribet dibuat. Segera siapin bahan biar cepat dicoba.

    BalasHapus
  16. Hai, Mbak Utari.
    Disini masuk musim panas. Aku mau nyoba resep bobanya ya.
    Apalagi belum pernah pakai sensasi semangka, jadi tambah penasaran.
    Betul, Mbak. Bikin sendiri jadi lebih hemat juga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah cocok banget mbak dibikin minuman buat menghilangkan gerah di musim panas. Kombinasikan sama buah lain juga oke mbak.

      Hapus
  17. Belom pernah nyoba, tapi penasaran mo bikin juga. 😂Apakah rasanya sama kayak mutiara sagu mba?

    Meskipun ngehits, namanya emak2 yg maennya kurang jauh 😅😂, paling banter cuma pernah nyicip cincau, dawet sama kolang kaling doang hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak mirip mutiara sagu tapi lebih kenyal dan mengilap mbak. Kenyang juga sih minum boba.

      Hapus
  18. Simple ya resepnya, mbak. Saya sering liat penjual minuman boba yg lagi ngehits ini di mall-mall, tapi belum pernah beli, mahal soalnya.

    Ada resep dr mbak sekarang, pasti lebih murah ya daripada beli di mall. Terima kasih resepnya mbak, nanti saya akan buat bareng anak gadis bungsu saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak kalau beli di konter harga minumannya lumayan. Lebih irit bikin sendiri.

      Hapus
  19. wah seru banget bisa bikin boba sendiri, enggak perlu beli hehe. sekarang emang kekinian banget minuman pakai boba tuh. mau coba ah. terima kasih mba infonya.

    BalasHapus
  20. Daebak! Aku udah lama banget enggak beli-beli kayak ginian mbak, masi takut. Huhu, ini resep camilan yang menginspirasi. Buat bikin seger-seger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang mbak bisa coba bikin sendiri pasti lebih aman.

      Hapus
  21. Wah, ternyata cara buatnya lumayan gampang ya, Mbak. Ini mah enaknya bikin sendiri aja. Soal biaya operasional dan higienitas, tentu jadi pertimbangan banget. Kalau bikin, mau kubikin warna-warni ah biar meriah, hihihi ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya jadi boba pelangi gitu ya. Pasti anak-anak lebih senang pas bikin dan minumnya.

      Hapus
  22. Strukturnya mirip-mirip kalau kayak bikin dawet gitu ya. Hanya saja ini pake susu, lebih gurih jadinya si Boba. Pengin aah nyobain. Anak-anak udah lama pengin minum boba gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin boba ini sumber inspirasinya dari dawet hehehehe. Sip mbak selamat mencoba.

      Hapus
  23. wah perkebunan semangka di mana mba? Pasti seger banget ya beli yang bener-bener baru dipanen. Belum pernah buat boba sendiri, boleh juga idenya nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan daerah sekitar tempat tinggal memang ditujukan buat perkebunan sayuran dan buah. Lumayan mbak kalau pas panen bisa belanja sekalian.

      Hapus
  24. Bikinnya enggak seribet bayangan y, Mbak. Butuh niat aja ternyata biar enggak malas. Wkkk
    Makasih resepny, Mb. InsyaaAllah pas musim panas nanti bikin, cucok bangett. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ribet kok mbak. Tingal campur lalu bulatlan. Jadi deh. Selamat mencoba mbak.

      Hapus
  25. Kemarin saya lihat juga teman saya bikin boba. Penasaran sama resepnya. Terus sekarang malah nemu resepnya di sini. Alhamdulillah..

    Tinggal eksekusi aja nih.

    BalasHapus
  26. ternyata bikin boba mudah ya mbak utari...ah coba bikin daripada beli yakan ..hihi

    BalasHapus
  27. Mungkin kalau ada pasukan saya mau buat boba hihi karena malas bulatinnya hahaha (tadi siang baru lihat resep boba buatnya kecil2 dan buanyak) tapi gampang banget kayanya bikinnya ya mba dari resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panggil mbak pasukannya biar bikin bareng. Seru banget loh.

      Hapus
  28. Wah.. Bener nigh. Bs buat ide main di rumah nanti. Apalagi kalo bubblenya dibikin warna warni ya. Jd pengen segera bikinn. Seruu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boba pelangi. Keren mbak. Pasti anak-anak suka

      Hapus
  29. Aku pernah bikin boba sama anak-anak. Tapi jadinya keras. Kasihan si gigi ngunyahnya kaya lompat sana sini di dalam mulut. Mau coba resep ini kalau ada kesempatan. Hasilnya gak keras kan mbak?

    BalasHapus
  30. Ternyata nggak susah ya bikin boba, cuma harus telaten aja membulatkan adonannya. Biasanya suka beli jadi di toko bahan kue, nanti kalau stok di rumah sudah habis mau coba bikin sendiri deh.

    BalasHapus
  31. Kreatif banget mbak, kalau masak aku sukanya cuma lihat aja hehe. Terus ikut nimbrung makan hehe. Tapi resep ini keknya mudah dicoba.. boleh lah dipraktekkan.

    BalasHapus
  32. Noted ini mbak. Baru tau aku boba ini. Anak-anak pasti suka makanan2 kayak gini. so tq ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon tidak membagikan tautan disini. Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sopan.