CARA MUDAH BIKIN BOBA

Perkebunan semangka di depan komplek lagi panen. Wah, pas banget cuacanya lagi panas. Langsung deh beli buah semangka dari petaninya langsung.

Semangka merah dan kuningnya manis lho. Seketika separuh semangka merah lenyap tak berbekas.
Bikin boba merah
Boba merah (foto: kolelsi pribadi)

Waktu mau menyimpan sisa semangka, ternyata di kulkas ada buah pir. Namanya emak-emak, langsung berpikir buat menyatukan semuanya.

Baca juga : nestbar dari oatmeal

Biar lebih sip, campuran buah dipadukan sama @indomilk boba buatan sendiri. #ResepGakAbisAbis lahir karena emak dituntut kreatifkan. Yang pasti hasilnya dijamin @yummy.idn deh.

Ini dia resep es buah campur indomilk boba yummy.

Es Buah Campur Indomilk Boba Yummy

Bahan:
Boba
4 sdm tepung tapioka
1 bungkus agar-agar putih (plain)
2 sdm susu kental manis putih @indomilk
1/2 sdt garam
Pewarna makanan hitam
Air hangat secukupnya

Pelengkap:
Buah semangka merah, potong dadu
Buah semangka kuning, potong dadu
Buah pir, potong dadu
Susu kental manis putih

Cara membuat:
1. Siapkan wadah. Campur tepung tapioka, agar-agar, susu kental manis @indomilk, garam, dan pewarna makanan. Aduk dengan spatula.
2. Beri air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk.
3. Pastikan adonan kalis dan tidak lengket ditangan.
4. Siapkan wadah lalu beri tepung tapioka. Bulatkan adonan. Taruh di wadah. Lakukan sampai adonan habis.
5. Rebus air hingga mendidih. Masukkan boba dan biarkan hingga mengapung. Angkat dan masukkan ke dalam air dingin. Cuci hingga lendirnya hilang. Sisihkan.

Penyajian:
Susun potongan buah dan boba di dalam gelas atau mangkuk. Beri es batu dan susu kental manis. Sajikan.

Baca juga : bandeng selimut oatmeal

Tip:
1. Agar-agar bisa menggunakan agar-agar warna.
2. Sesuaikan pewarna makanan yang dipakai dengan agar-agar.
3. Bisa menggunakan susu kental manis cokelat.
4. Jika tidak suka dingin, bisa disajikan tanpa es.
5. Jenis buah bisa diganti dan ditambah bahan lain seperti nata decoco, cincau, dan cendol.


Nikin boba
Boba hitam (foto: koleksi pribadi)


KEUNTUNGAN BIKIN BOBA

Yup, si boba memang sederhana, ya cara tampilannya, ya cara buatnya. Beneran nggak bikinmumet pas bikin, malah gembira ria. Ini baru satu dari sekian keuntungan bikin boba sendiri. Apalagi sih keuntungannya? Nggak sabar ya! 

Oke ini dia keuntungan bikin boba sendiri
1. Lebih bersih. Sudah pasti dong namanya bikin sendiri kita pasti mengutamakan kebersihan bahan dan alat yang dipakai. Hasilnya sudah pasti lebih aman.
2. Murah karena biaya yang dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan kalau membeli boba yang sudah jadi. 
3. Warna yang digunakan bebas. Mau bikin boba ungu, hijau, oranye, atau biru sekalipun nggak masalah. Asalkan pewarna yang dipakai merupakan pewarna makanan ya.
4. Belajar bersama anak-anak. Melibatkan anak-anak saat membuat boba sama artinya dengan belajar bersama dengan cara yang menyenangkan. Kita bisa mengajarkan soal tekstur, perubahan bentuk, dan lama waktu mematangkannya. 
5. Kreatifitas anak terasah dengan belajar membentuk boba. 
6. Mempererat hubungan antara ibu, bapak, dan anak karena sama-sama membuat boba.
7. Kerjasama. Yup, bisa juga mengajarkan soal kerjasama. Ayah menyiapkan bahan, anak-anak membentuk boba, Ibu mematangkan boba. Lalu sama-sama membersihkan dapur.

Asyikkan. Jadi yuk bikin boba sama-sama.

Komentar

  1. Ya ampun saya ngiler liatnya hehehe, saya pernah bikin boba, jadinya keras banget dong, saya save deh resep ini buat cobain bikin lagi, saya mah pecinta boba, meski sayang juga keseringan beli boba di luar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kali ini bisa coba bikin sendiri mbak. Warnanya juga bisa disesuaikan.

      Hapus
  2. Nah kali ini coba bikin lagi mbak. Mudah-mudahan nggak keras.

    BalasHapus
  3. wah aku bisa gak ay, aku suka gagal terus nih

    BalasHapus
  4. Pas sedang puasa, pas ada resep ini utk bikin bukaan ntr sore :p

    Aku jg penyuka Boba, tp blm pernah coba bikin sendiri sbnrnya. Krn jujur aja kalo bagian hrs mengadon adonan sampe Kalis, itu aku blm prnh berhasil mba wkwkwkkw. Sampe lengan berotot :(. Akhirnya aku minta asisten utk lanjutin mengadon :D.

    Tp aku ttp kepengin nyobain bikin ini sampe berhasil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang mbak, ngadon boba nggak kayak ngadoni roti kok. Jadi nggak bakal tangan berotot.

      Hapus
  5. Ihiy yang bikin boba, rajin sekali. Ku-save dulu ah, praktiknya kapan2. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung puasa coba dipraktekin mbak. Bisa buat tambahan minuman buka puasa.

      Hapus
  6. Jadi pengen bikin boba ah, hehe. Kayaknya seru nih buat buka ya

    BalasHapus
  7. boba kenyel-kenyel endeuus gitu deh di mulut jadi bikin semangat pas minum es-es gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadinya kenyang juga ya mbak hehehehe. Haus dan laparnya hilang.

      Hapus
  8. aku ada stock 1 kg boba hehehe
    tp kok rasanya kurang nendang yaaa. sama ribet ngerebusnya :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkwk buruan abisin stoknya abis itu mending bikin sendiri. Lebih sip loh.

      Hapus
  9. Asikk dapat resep baru nih nisa. Bisa dicoba bikin boba nya. Kalo buatan sendiri lebih maknyuss . Apalgi kalo dinikmatin waktu buka. Endus banget ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin ya Nis, ntar kasih tahu hasilnya kayak apa.

      Hapus
  10. Waahh... Pas banget nih resep nya buat buka puasa.. ketulan bahan2 buat bikin boba nya ada di stok dapur.... Liat fotonya siang2 ramadhan bikin nyeess g sabar nunggu buka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bahannya gampangkan. Cusss bikin boba buat buka puasa

      Hapus
  11. Wah sepertinya mudah dan aku punya semua bahannya di rumah. Pas hari ini tugas sekolah qori juga bikin takjil

    BalasHapus
  12. Kok jadi pengen bikin juga sih aku nya tp mager juga tp pen coba juga karena kepo. Hehe

    BalasHapus
  13. Boba ini hive banget ya. Anakku tuh sampai rela nabung biar bisa beli boba tiap hari, kalau ibunya nggak kasih uang :)
    Resepnya ku copas ya, biar bikin boba sendiri.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Mohon tidak membagikan tautan disini. Silahkan meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kain Sasirangan Dengan Pewarna Alam

Ke Banjarmasin Naik Transportasi Umum Yang Adem dan Nyaman? Ya, Pakai BRT dong.

Review: Vitalis Body Wash Hijau dan Body Positivity