Jalan-jalan di Kotabaru Kalimantan Selatan

Ultah virtual FBB, komunitas blogger perempuan, ke 4 bertabur hadiah

 

Ultah virtual Female Blogger Of Banjarmasin (FBB), komunitas blogger perempuan, ke-4 tak hanya bertabur hadiah tapi bergelimang ilmu dari dua pakar, Irwin Andriyanto dan Nico Julius.


Horey! Akhirnya hari yang dinanti tiba. Pagi-pagi saya sudah mandi dan rapi. Wajah pun sudah disapu bedak dan gincu tipis. Siap untuk menghadiri acara ulang tahun Female Blogger of Banjarmasin yang ke-4.


Acara di hari minggu ini merupakan puncak kegiatan. Makanya disiarkan dari tempat yang istimewa, di Fave Hotel Banjarmasin. Yup, perhelatan komunitas blogger perempuan ini memang dilakukan secara virtual melalui zoom, sesuai protokol kesehatan yang disarankan pemerintah. Hanya panitia sekaligus pengurus yang berada di Fave Hotel untuk memandu acara melalui zoom, tentunya mereka membawa 12 benda wajib dibawa saat bepergian dimasa new normal #FBBkolaborasi.


Meski tak bisa bertemu langsung untuk cipika-cipiki dengan teman-teman, saya senang bisa bertatap muka dengan mereka dan mengetahui semua sehat dan bahagia. Meski pandemi tetap harus gembira ya, seperti waktu senja di danau seran banjarbaru.

Ultah fbb komunitas blogger perempuan



Ultah Virtual Keren

Tepat pukul 09.45 wita, satu persatu anggota Female Blogger of Banjarmasin memasuki ruang pertemuan. Seketika ruang virtual itu sesak oleh sapa dan tawa para anggota. Semua ingin meluapkan kerinduan karena lama tak jumpa.


Saya tidak ketinggalan ikutan heboh menyapa. Banyak wajah kawan-kawan yang baru saya lihat karena selama ini hanya berinteraksi melalui grup whatsapp. Keriugan ini tak kalah dengan pesona musik tradisional indonesia.


Keriuhan mulai mereda saat panitia mengumumkan acara akan dimulai. Semua langsung mematikan pengeras suara dan menunggu arahan dengan seksama. 


Rangkaian acara pun dibacakan. Tidak seperti seremoni lainnya, susunan acara yang dibuat sederhana dan padat, hanya sambutan dari pendiri Female Blogger of Banjarmasin, ketua pengurus Female Blogger of Banjarmasin, dan materi spesial dari tamu istimewa, Irwin Andriyanto dan Nico Julius. 


Tidak banyak kata yang diucapkan oleh mbak Ruli Retno, sebagai pendiri Female Blogger of Banjarmasin, selain ucapan syukur atas keberadaan komunitas blogger perempuan yang mampu bertahan dan eksis hingga saat ini.


Ucapan syukur juga diungkapkan oleh Putri Santoso, ketua Female Blogger of Banjarmasin yang berharap seluruh anggota dapat tumbuh bersama dan menjadi blogger yang mumpuni.


SEO ala Irwin


Nah, agar para anggota naik kelas, pengurus telah menyiapkan acara istimewa. Bukan potong tumpeng apalagi tiup lilin, tapi belajar SEO bareng mas Irwin.


Ini dia yang ditunggu-tunggu. Pelatihan fundamental SEO on page dari masternya langsung, mas Irwin Andriyanto yang sudah malang melintang di dunia blogging.


Dengan gayanya yang kocak, founder dan owner tangerang digital mengenalkan SEO on page pada anggota Female Blogger of Banjarmasin. Yup, SEO penting karena berkaitan erat dengan trafik blog. Duh, saya berasa dicolek pakai banget karena selama ini tidak pernah memerhatikan SEO, hanya menulis.


Belajar seo di ultah fbb komunitas blogger perempuan
Materi SEO mas Irwin


Waktu yang terbatas tidak menyulitkan mas Irwin untuk menularkan ilmunya. Ada 4 materi yang disajikan, 


  1. Pengertian SEO, 

SEO merupakan tindakan untuk mengoptimalkan mesin pencari dalam menilai apakah blog kita layak ditampilkan di posisi teratas pada hasil pencarian atau tidak. 

Dengan menerapkan SEO pada blog, akan memudahkan mesin pencari melakukan perayapan dan mengenali isi blog. 

  1. Mengapa SEO perlu dilakukan, 

Jawabannya adalah traffic alias kunjungan ke blog. Semakin banyak pembaca yang datang tentu memberi pengaruh positif pada page review suatu blog. 

  1. Jenis-jenis SEO,

  • SEO on page yang mengoptimalkan teknik optimasi dari dalam blog itu sendiri.

  • SEO off page yang berasal dari luar blog.

  • SEO experience dengan mengoptimalkan teknik optimasi dari luar dan dalam blog yang sesuai dengan blog.

  1. Parameter SEO on page

Untuk mengoptimalkan SEO on page di blog perlu memerhatikan url, title, deskripsi, heading, dan image.


Optimasi Instagram


Selepas mas Irwin memberikan materi, kini saya dan teman-teman bersiap menerima materi dari mas Niko Julius. 


Siapa sih yang nggak kenal sama pengusaha muda dan online entrepeneur sekaligus founder dari nikojulius.com, sepak terjangnya dalam dunia blogger sudah diakui. Wajahnya pun kerap wara-wiri di media sosial.


Tidak terkecuali di media sosial (facebook dan instagram) milik saya. Hampir setiap hari saya melihat wajah pria kelahiran Gresik ini menawarkan kelas yang dikelolanya.


Karena kerap kali melihat iklannya, lama-lama jadi penasaran dan membuat saya mengunjungi website dan instagram pria yang pernah tinggal di Banjarmasin.


Rupanya inilah salah satu trik yang dijalankan Niko untuk mendorong orang datang dan mengikuti kelasnya. Trik sederhana namun perlu terus menerus dilakukan agar brand semakin dikenal orang. Walau sederhana, konten tetap harus diperhatikan karena bica cegah perundungan dengan konten positif.


Cara ini bisa diadaptasi oleh anggota Female Blogger of Banjarmasin, agar komunitas blogger perempuan ini semakin dikenal masyarakat. Hm, benar juga ya, kita harus aktif mengenalkan diri agar semakin banyak orang yang tahu keberadaan kita. 


Hadiah...Hadiah...dan Hadiah


Puas menimba ilmu, saatnya buat bersukaria. Meski tanpa tumpeng dan tiup lilin, seluruh anggota tetap ceria. Apalagi waktu mendengar kata "hadiah" langsung jingkrak-jingkrak kegirangan. Namanya ulang tahun belum lengkap tanpa hadiah dong. 


Asyiknya, peserta nggak perlu bawa hadiah, panitia dan penguruslah yang menyediakan beragam hadiah untuk semua peserta yang hadir di ulang tahun virtual ini.


Hadiahnya nggak tanggung-tanggung lho. Mulai dari kue lezat dari 57 kitchen hingga menginap semalam di Summer Bed and Breakfast Banjarmasin.


Kategorinya ternyata cukup banyak, ada yang paling cepat masuk ke ruang zoom, pengisi formulir kehadiran di acara ulang tahun, paling cepat dan tepat menjawab pertanyaan, kuis interaktif, dan undian berhadiah serta lomba blog.



Tak dinyana saya berhasil mendapatkan 3 hadiah doorprize sekaligus dari kategori pengisi formulir kehadiran, peserta paling cepat hadir di zoom, dan menjawab kuis. Mau tau hadiahnya? Saya mendapatkan 2 buah lipstik dari mirabella dan pouch cantik dari tupperware. Nanti saya foto produk dengan smartphone? Bisa! agar tidak dibilang PHP. Hahaha.

Foto ultah fbb komunitas blogger perempuan
Foto wajib


Ragam hadiah keren ini dipersembahkan oleh Mirabella Cosmetics, Gloskin Banjarmasin, Fave Hotel Banjarmasin, Clean Well Banjarmasin, Tupperware Palma Tika Raya, Kebabblasan Banjarmasin, Summer Bed and Breakfast, Ambeer.Le Hijab, 57 Kitchen, dan My Radio Banjarbaru selaku media partner. 

 

Terima panitia dan pengurus yang telah menyelenggarakan acara ulang tahun virtual dengan baik dan semarak. Semoga FBB dapat menjadi komunitas blogger perempuan yang maju dan solid.




Komentar