Sarapan sembari mengukir kenangan di Kota Lama Banjarmasin

Jualan di Blibli Bisa Raih Kegembiraan dan Cuan

 


Kreativitas dan inovasi yang ditopang dengan disiplin dan kerjasama akan menghasilkan sebuah karya yang luar biasa.


Pepatah di atas saya dapatkan secara kebetulan. Sesuai sekali dengan keadaan saat ini, dimana sebuah karya yang lahir dari disiplin dan kerjasama dapat memberikan hasil yang luar biasa. Kepuasan bagi pembuat dan pemakai, serta tentu saja keuntungan materi untuk pengriya.

Kreasi yang saya bicarakan di sini adalah produk rajutan. Barang-barang yang dibuat secara manual ini bernilai ekslusif sebab dibuat dalam jumlah terbatas.

tas rajut buatan tangan


Bahkan bisa dikatakan sifatnya sangat customize, atau sesuai keingian pemesan. Tak heran jika barang yang dibuat bisa saja hanya satu jenis. Tentu saja harganya lebih tinggi dibanding buatan pabrik.

Sebagai seorang pengriya, saya senang mendapat apresiasi dari pembeli. Padahal dahulu ketika belajar merajut, sama sekali tidak membayangkan akan mendapatkan hasil atau cuan dari rajutan.

Pengisi waktu luang

Bertahun-tahun lalu, merajut adalah kegiatan untuk mengisi waktu luang dan melatih kemampuan mengingat agar tak mudah lupa. Gerakan mengulang pola secara tidak langsung melatih otot dan otak.

Sisi kreatif pun secara tidak langsung ikut terasah sebab dahulu sangat sulit mendapatkan pola maupun motif baru. Semua harus dibayangkan dan di coba berkali-kali hingga mendapat hasil yang memuaskan.

Saya ingat, dulu rajutan yang dibuat berupa beberapa dompet kecil, kemudian berkembang menjadi tas, lalu hiasan pada baju, sepatu hingga boneka menjadi bukti perjalanan saya belajar dan mengembangkan rajutan.

tas rajut motif bulat warna merah dan kuning
Dokumentasi pribadi


Keterampilan ini pula yang menyelamatkan saya dari kebosanan ketika pertama kali tinggal di Kalimantan Selatan. Terbiasa sibuk dengan pekerjaan saat tinggal di Jakarta lalu tiba-tiba diam di rumah benar-benar sangat menyiksa. Beruntung saya bisa “melarikan diri” dengan membuat berbagai barang rajutan.

Tentu saja ada drama yang harus saya lalui sebab tidak mudah mendapatkan benang rajut. Saya harus berkeliling hingga ke kota Banjarmasin untuk membeli benang, saat itu memang jual beli online belum dikenal. Proses pencarian ini sebenarnya sangat menyenangkan karena bisa jalan-jalan. Namun kerap mendatangkan kesal karena gagal mendapatkan benang.

Kegiatan berpanas-.panas demi gulungan benang memang sudah tidak lagi dilakukan. Digantikan oleh kegiatan berselancar di internet demi mencari penjual benang. Tanpa perlu kepanasan, benang yang diinginkan bisa diperoleh. Sangat hemat waktu dan mendorong saya untuk lebih kreatif dalam berkarya.

Industri kreatif

Wow, ternyata apa yang saya lakukan saat ini termasuk dalam industri kreatif. Menurut Wikipedia, industri kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi.

Kementrian Perdagangan Indonesia menyatakan bahwa industry kreatif adalah industry yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

ragam tas rajut di dekranasda banjarbaru


Hasil yang didapat negara dari industri kreatif ini tidak main-main, nilai ekspor ekonomi kreatif Indonesia sepanjang 2021 mencapai USD20,58 miliar. Bahkan Menteri Sandiago Uno mengungkapkan harapannya di tahun 2022 nilai ekspor industri kreatif bisa mencapai USD21,28 miliar.

Apakah mungkin? Tentu, jika sumber daya manusia di Indonesia mumpuni, ternmasuk di dunia rajut merajut.

Nah, inilah yang tengah saya kembangkan bersama teman-teman di komunitas. Secara rutin kami mengadakan pelatihan merajut untuk memperbanyak perajut di Kota Banjarbaru. Dengan demikian saya dan teman-teman tidak kewalahan membuat pesanan.

Woman G20

Saya ingat ada sebuah momen yang semakin memacu pengriya dalam berkarya. Pada bulan maret 2022 beberapa delegasi Woman G20 datang berkunjung ke Kota Banjarbaru. Kekaguman mereka akan rajutan yang ditampilkan membuat semangat berkarya semakin berkobar.

kunjungan delegasi woman G20 ke kota banjarbaru
Kunjungan delegasi Woman G20 ke Dekranasda Banjbarbaru


Siapa sih yang tak bangga jika produknya dilihat dan dibeli oleh anggota delegasi yang berasal dari berbagai negara. Hal ini tidak terlepas dari arti G20 itu sendiri yaitu forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni eropa (UE). G20 mempresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi. 75 persen perdagangan global dan 80 persen PDB dunia. Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada November 2022 di Bali.

Dorongan untuk terus mengasah kemampuan semakin kuat dengan didapuknya Indonesia sebagai pelaksana kegiatan Woman G20. Secara tidak langsung mendorong para perempuan untuk berkreasi sebagai salah satu cara menunjukkan eksistensi diri sekaligus pemberdayaan perempuan.

Buka toko di Blibli

Apresiasi yang diberikan para delegasi memacu semangat untuk terus berkarya. Hari-hari saya semakin disibukkan dengan membuat berbagai rajutan. Tentu saja produk yang dibuat dapat dipasarkan secara offline melalui gerai yang ada di Dekranasda, namun saya berkeinginan memasarkan produk ke berbagai daerah.

Solusinya berupa pemasaran secara online dengan memanfaatkan Blibli, e-commerce terbesar di Indonesa dan sudah sangat dikenal masyarakat. Pilihan berjualan di Blibli sebenarnya secara tidak langsung tercetus waktu membeli benang rajut di salah satu toko yang ada di Blibli. Pilihan benang dan warnanya banyak ditambah proses pemesanan dan pengirimannya cepat.

Cara buka toko di Blibli

Untuk membuka toko di Blibli, calon penjual bisa melakukan melalui laptop atau komputer maupun telepon gengam. Saya membukanya dengan telepon gengam karena bisa dilakukan dimana saja.

Sebelum membuka toko, saya lebih dulu menyiapkan foto produk. Tentu saja mencari nama toko yang pas dengan barang-barang yang akan dijual. Etalase Utari menjadi pilihan sebab inilah tempat saya meletakkan dan menawarkan dagangan. Setelah semua siap, saya mulai membuka toko dengan cara berikut:

1.      Kunjungi https://blib.li/tokoblibli melalui komputer atau Blibli Seller App

2.      Masukkan email dan klik “Daftar Sekarang”

3.      Masukkan kata sandi, nomor telepon, nama toko, serta pelajari syarat & ketentuan dan centang sebagai tanda persetujuan. Jika semua data sudah sesuai klik “daftar sekarang”

4.      Klik “Daftar” lalu tunggu kode verifikasi atau OTP (One Time Password)

5.      Masukkan kode OTP yang sudah dikirimkan dan klik “Verifikasi”

6.      Silahkan mengisi toko dengan produk dan siap berjualan.








Setelah mengikuti seluruh langkah, tak lama berselang saya sudah berhasil memiliki toko online. Senangnya sebab impian saya untuk memasarkan produk tanpa batas dan bisa kemana saja, akhirnya terwujud.

Blibli Toko Online Indonesia

Blibli merupakan mal online terbesar yang bekerjasama dengan lebih dari 100.000 mitra usaha. Deretan barang yang dijual pun cukup panjang, mulai handphone dan tablet, peralatan elektronik, home & living, komputer & laptop, produk perlengkapan gaming, kamera, otomotif, produk motor dan mobil terbaru, travel, tiket dan voucher, digital produk, Bliblimart, kesehatan dan kecantikan, mainan dan video games, fashion, olahraga dan aktivitas luar ruang, jam tangan, logam mulia dan perhiasan, dan galeri Indonesia.

Teman-teman pengriya bisa banget ikutan buka toko di Blibli dengan klik tautan blib.li/bc7 dan jadi bagian dari Blibli Seller. Jangan lupa untuk follow akun sosial media, instagram dan tiktok Blibli untuk mengetahui kabar terbaru. Catat akunnya ya:

1.      Instagram @blibliseller (https://instagram.com/blibliseller/)

2.      Tiktok @blibliseller (https://www.tiktok.com/blibliseller)

 

#PastiUntungPastiBlibli

#BlibliSeller

#BlibliBlogCompetition

#PastiMer11ah

Komentar